Dibuang Prabu Siliwangi, di Manakah Makam Nyi Subang Larang?

Dibuang Prabu Siliwangi, di Manakah Makam Nyi Subang Larang?

Situs Nyi Subang Larang.--

CIREBON, FIN.CO.ID -- Nyi Subang Larang merupakan sosok istri yang sangat dicintai Prabu Siliwangi, namun ia dibuang karena ketahuan memeluk agama Islam.

Lantas, yang masih jadi pertanyaan banyak pihak, di manakah Nyi Subang Larang dimakamkan?

Melansir dari radarcirebon.com, hingga saat ini diketahui ada Situs “Nyai Subang Larang di Subang” yang sering juga disebut-sebut sebagai “Makam Nyai Subang Larang”.

Lokasinya di Kawasan Teluk Agung yang terletak di Desa Nanggerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang.

Kawasan yang juga dikenal Astana Panjang atau Muara Jati ini merupakan saksi sejarah riwayat perjalanan hidup seorang tokoh legendaris wanita tatar Pasundan (kini Jawa Barat—red) pada sekitar abad 16-17 masehi.

Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum. Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M dan wafat tahun 1441.

Sementara ada kisah lain menyebutkan Subang Larang wafat pada usia 40 tahun. Dengan demikian mestinya ia wafat pada tahun 1444.

Meskipun diklaim sebagai makam Nyai Subang Larang dan menjadi wisata religi, namun secara pasti kebenaranya masih diragukan sebagian pihak.

Terlebih hingga saat ini belum ada catatan sejarah yang disertai bukti ilmiah yang mendukung Nyai Subang Larang dimakamkan di tempat itu.

Hanya beberapa jejak kehidupannya saja yang dapat ditelusuri berdasarkan catatan sejarah yang juga masih terbatas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: