Komisi VI DPR Optimis, Holding BUMN Pariwisata Optimalisasi Potensi Indonesia

Komisi VI DPR Optimis, Holding BUMN Pariwisata Optimalisasi Potensi Indonesia

Presiden Jokowi luncurkan Holding BUMN Pariwisata [email protected]

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen mewujudkan megaekosistem pariwisata Indonesia dengan harapan agar perekonomian negara semakin meningkat dan jadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia.

Komitmen itu diwujudkan lewat Holding BUMN Pariwisata dan pendukung yang bernama Indonesia Journey (InJourney).

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mendukung penuh langkah Pemerintah lewat Menteri BUMN Erick Thohir mengintegrasikan BUMN Sektor Pariwisata, dan Pendukung. 

Hal ini dinilai sangat baik karena mengoptimalkan semua potensi yang ada di BUMN. 

"Menurut saya, Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung ini sangat baik karena mengintegrasikan semua unit usaha di BUMN," kata Intan saat dikonfirmasi, Selasa 18 Januari 2022.

Diketahui, InJourney menjadi Holding BUMN pertama yang bersifat ekosistem dari multisektor dan merupakan ekosistem pariwisata terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

InJourney meliputi seluruh BUMN yang terkait dengan industri pariwisata dan pendukung, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata yang terintegrasi dan terkonsolidasi dari pemerintah pusat, daerah, swasta sampai menyentuh masyarakat.

Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) itu menyatakan, langkah Erick Thohir menggabungkan beberapa BUMN Pariwisata dan Pendukung secara langsung akan memadukan kinerja sektor pariwisata. 

Namun, ia mengingatkan agar kinerja sektor pariwisata dan pendukung ini dilakukan secara integratif dari hulu sampai hilir. 

Holding BUMN sektor ini terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, PT Prambanan dan Kemudian Ratu Boko (Persero) (TWC) dan PT Sarinah (Persero). 

PT Sarinah misalnya, ditekankan Intan bisa lebih fokus dan efektif dalam menggarap sektor UMKM untuk mendukung pariwisata. 

"Modalitas sektor pariwisata kita bisa menjadi lebih kuat dengan adanya integrasi BUMN. Apalagi kita kan mempunyai banyak destinasi wisata," jelas Intan. 

Bandara yang infrastrukturnya dalam beberapa tahun terakhir menjadi prioritas pemerintah diharapkan juga akan termanfaatkan dari aspek penerbangannya. 

Berikut ribuan hotel dan UMKM yang selama pandemi terdampak secara signifikan dan destinasi wisata itu sendiri. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: