Penguatan Harga Emas Dibatasi Ekspektasi Kebijakan Moneter Amerika

Penguatan Harga Emas Dibatasi Ekspektasi Kebijakan Moneter Amerika

Emas batangan internasional-Michael Steinberg -Pexels

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penguatan harga emas, Senin, 17 Januari 2022 dibatasi ekspektasi atas pengetatan kebijakan moneter Amerika Serikat. 

Tercatat harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi USD1.819,41 per ounce pada pukul 22.26 WIB, sementara emas berjangka Amerika juga naik tipis 0,1 persen menjadi USD1.818,80 per ounce. 

Sementara pasar Amerika ditutup untuk hari libur nasional, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin, 17 Januari 2022.

(BACA JUGA:Bitcoin cs Melemah Awal Pekan, Investor Cenderung Berhati-Hati Memburu Aset Kripto)

"Kebijakan moneter yang ketat dapat berdampak negatif pada emas, tetapi meski demikian emas bertahan dengan sangat baik. Saya pikir itu terutama karena  balance sheet  Federal Reserve secara keseluruhan masih pada level yang tinggi," kata Xiao Fu, analis Bank of China Internasional.

Meski dianggap sebagai lindung nilai inflasi, emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga Amerika, karena meningkatkan  opportunity cost  memegang logam kuning yang tidak memberikan imbal hasil.

Imbal hasil US Treasury 10-tahun mencapai level tertinggi dua tahun minggu lalu di tengah ekspektasi untuk suku bunga yang lebih tinggi.

(BACA JUGA:Rupiah Ditutup Melemah, Imbas Peningkatan Kewaspadaan Para Investor Terhadap Hasil Pertemuan The Fed)

Kini, fokus tertuju pada pertemuan Federal Reserve, 25-26 Januari, setelah pembuat kebijakan mengisyaratkan mereka akan mulai menaikkan suku bunga pada Maret untuk menjinakkan inflasi.

"Pelaku pasar cenderung menahan diri untuk membeli emas menjelang kenaikan suku bunga pertama The Fed," tulis analis Commerzbank dalam sebuah catatan.

"Mereka mungkin berharap pertemuan The Fed minggu depan akan memberi mereka sinyal lebih lanjut dan/atau lebih jelas bahwa bank sentral akan memulai siklus kenaikan suku bunga pada Maret."

(BACA JUGA:Penambahan Modal Bank BTN Urgent Untuk Dukung Pemenuhan Rumah Rakyat)

Mencerminkan sentimen yang lebih luas, spekulan memangkas  net long position  emas COMEX mereka dalam sepekan hingga 11 Januari, data menunjukkan pada Jumat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: