Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Ciri-ciri Gangguan Mental pada Remaja

Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Ciri-ciri Gangguan Mental pada Remaja

Ilustrasi, Gangguan Mental. (Istimewa)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Pada masa pubertas, ciri-ciri gangguan mental pada anak remaja sering kali terabaikan bahkan dianggap sebagai hal yang wajar.

Jika tidak tertangani dengan baik, kondisi ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan dan kesehatan anak remaja.

Pada remaja, masalah kesehatan mental yang umum dialami adalah PTSD, ADHD, gangguan kecemasan umum, gangguan makan, skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Mengenali ciri-ciri gangguan mental pada anak remaja tidaklah mudah, setiap anak-anak mempunyai ciri-ciri gangguan mental yang muncul secara berbeda-beda.

Melansir dari alodokter.com, secara garis anak remaja dengan gangguan mental akan menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

Tidak Dapat Mengontrol Emosi

Remaja yang memiliki ciri-ciri gangguan mental biasanya tidak mampu mengendalikan emosi bahkan terkesan lebih sensitif.

Perubahan Perilaku

Jika anak remaja tiba-tiba bertingkahlaku tidak wajar, seperti memberontak, mengamuk, arogan, mudah tersinggung, atau kembali seperti anak kecil. Ini bisa saja menjadi ciri-ciri ia mengalami gangguan mental.

Prestasi di Sekolah Menurun

Karena enggan beraktivias, anak yang punya gangguan mental akan mengalami masalah dalam proses belajar, sehingga prestasi di sekolahnya pun dapat menurun.

Melakukan Kebiasaan Buruk

Perubahan pada anak yang memiliki permasalahan pada psikisnya biasanya berusaha meluapkan dengan melakukan hal yang buruk. Ini bisa berupa merokok berlebihan, minum minuman beralkohol hingga konsumsi obat-obatan terlarang.

Selain mengenali ciri-ciri gangguan mental pada anak remaja, sebagai orang tua juga diharuskan untuk berperan menjaga kesehatan mental anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: