Jangan Menerobos Banjir Jika Tak Ingin Jaminan Asuransi Kendaraan Anda Hangus

Jangan Menerobos Banjir Jika Tak Ingin Jaminan Asuransi Kendaraan Anda Hangus

Ilustrasi mobil terjebak banjir-Aprillio Akbar-ANTARA FOTO

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Musim hujan kembali hadir di Indoneisa. Curah hujan yang tinggi, terkadang mengakibatkan timbulnya genangan di jalan. 

Bagi anda yang kebetulan melintas di jalan dengan mobil dan menemukan jalanan tergenang air, sebaiknya dihindari dan jangan melintas. 

Sebab jika anda nekat melintas dan mobil anda mogok, hal itu akan menyulitkan anda sendiri karena tindakan nekat itu sangat berpotensi membuat jaminan asuransi anda tidak berlaku. 

(BACA JUGA:Yakin Kaca Mobil Bebas Jamur? Pastikan Dengan Cara Ini)

Manajer Komunikasi dan Pemasaran Garda Oto, Laurentius Iwan pun berbagi tips jika kendaraan anda mengalami peristiwa kebanjiran di jalan raya. 

"Untuk mobil yang sempat terendam banjir, sebaiknya jangan dihidupkan. hubungi bengkel saja. Atau jika yang bersangkutan adalah pelanggan garda oto, bisa minta call 1500112 layanan darurat 24 jam gratis untuk pelanggan," ujar Iwan kepada Fin.co.id, dikutip Senin, 17 Januari 2022.

Iwan mengatakan, untuk kasus kendaraan yang mengalami mogok ketika melintas di genangan air, ia menyarankan agar kendaraan yang mogok tersebut difoto. 

(BACA JUGA:Keputusan Mobil Rakyat Akan Pengaruhi Pasar Otomotif 2022)

"Ini sebagai dokumentasi yah, bahwa mobil terendam dan lain-lain. ini akan sangat memudahkan saat nanti melakukan klaim asuransi," ungkapnya. 

Iwan juga menegaskan, sangat tidak disarankan untuk menerobos genangan air. Menurutnya, setidaknya ada tiga alasan mengapa hal ini sebaiknya tidak dilakukan. 

Pertama, alasan keselamatan berkendara. Karena kita tidak tahu secara pasti kondisi di depan kita. 

(BACA JUGA:Periksa Komponen Kendaraan di Musim Hujan, Agar Berkendara Tetap Aman dan Nyaman)

Kedua, kendaraan yang nekat menerobos genangan bisa terjadi water hammer atau air masuk ke mesin dan menyebabkan gangguan dan kerusakan yang parah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: