Kisah Haru Rohana Abdullah, WNI yang 22 Tahun Dirawat Orang China di Malaysia, Beda Agama tapi Saling Cinta,

Kisah Haru Rohana Abdullah, WNI yang 22 Tahun Dirawat Orang China di Malaysia, Beda Agama tapi Saling Cinta,

Rohana Abdullah (kiri) bersama Chee Hoi Lan-Amirudin Sahib-Harian Metro Malaysia

KUALA LUMPUR, FIN.CO.ID - Kisah Rohana Abdullah, anak keturunan warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia, mendadak viral. 

Sejak usia dua bulan, Rohana Abdullah ditinggal oleh ibu kandungnya. Kemudian, dia diasuh oleh seorang perempuan warga keturunan Tionghoa.  

Kisah Rohana Abdullah ini menyentuh hati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia, Hamzah Zainuddin.

(BACA JUGA:BOR-ICU Ngegas, Jakarta Ngeri-Ngeri Sedap)

Politisi Partai Pribumi Malaysia Bersatu ini memerintahkan stafnya menyelidiki kebenaran informasi tersebut sebelum mengambil keputusan terkait masa depan Rohana Abdullah.  "Tersentuh hati saya apabila diinformasikan perkara ini," tulis Hamzah melalui unggahannya di Facebook, Minggu (16/1/2022).

Hingga saat ini, Rohana ini belum mempunyai status kewarganegaraan. Dirinya dikabarkan telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Malaysia pada 2016. Tetapi, hingga saat ini belum diproses.

Adalah Harian Metro di Malaysia, yang menurunkan laporan tentang Rohana. Disebutkan pada 22 tahun lalu, Rohana ditinggalkan ibunya yang terpaksa pulang ke Indonesia di sebuah sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). 

(BACA JUGA:Heboh Video Siswa-Siswi SMK Pesta Miras di Dalam Kelas)

Di tempat itulah, ibu kandungnya bekerja sebagai petugas kebersihan. Sang ibu terpaksa pulang karena dideportasi oleh Malaysia.

Guru di TK bernama Chee Hoi Lan (83), tergerak hatinya merawat Rohana. Meski bukan seorang muslim, Chee Hoi Lan, menyekolahkan Rohana di Kelas Dasar Fardu Ain (Kafa) dengan uangnya sendiri. 

Ini adalah sekolah dasar Islam di Malaysia. Tujuannya agar Rohana mengenal ajaran Islam lebih baik. Perbedaan agama tak menghalangi niat baik Chee Hoi Lan mendidik dan menyekolahkan Rohana. 

Dalam video yang diunggah di YouTube, Rohana sangat fasih berbahasa Mandarin dan Bahasa Melayu. "Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal. Dari kecil dia melakukan ibadat sebagai Muslim hingga hari ini," ujar Chee Hoi Lan seperti dikutip dari akun Facebook Harian Metro Malaysia, Minggu (16/1/2022).


Rohana Abdullah (Kiri) bersama Chee Hoi Lan-Amirudin Sahib-Harian Metro Malaysia

Dia berharap sebelum meninggal bisa melihat Rohana menikah, bekerja dan hidup bahagia. "Saya lega. Kerana selama hayat saya, saya pastikan dia terjaga sebagai seorang Muslim. Dia akan kekal begitu sampai bila-bila," tutur Chee Hoi Lan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber