Ungkap Akan Gelar Operasi Cartenz di Papua, Ini Target yang Disasar Polri

Ungkap Akan Gelar Operasi Cartenz di Papua, Ini Target yang Disasar Polri

Polisi akan melakukan Operasi Cartenz di Papua-dok-Net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polri akan melakukan Operasi Cartenz di Papua. Operasi ini menggantikan Satuan Tugas (Satgas) nemangkawi.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan target dari operasi Cartenz adalah orang asli Papua (OAP). Mereka akan menjadi target utama pembinaan dalam operasi Damai Cartenz 2022.

Dijelaskannya Operasi Damai Cartenz merupakan perubahan dari Satgas Nemangkawi. Satgas Nemangkawi  berisi tim gabungan TNI-Polri yang bertugas menangani situasi keamanan di Papua.

(BACA JUGA:Polisi Selidiki Tindakan Makar Mahasiswa Papua di Surabaya)

Operasi Damai Cartenz ini akan berlaku saat berakhirnya operasi Nemangkawi pada 25 Januari 2022.

"Orang asli Papua sebagai target operasi, maksudnya target pembinaan," katanya dilansir tribratanews, Minggu, 16 Januari 2022.

Operasi Damai Cartenz nantinya dilakukan dengan berbagai kegiatan yang bertujuan menyejahterakan masyarakat. Operasi itu juga akan fokus melakukan pembinaan yang disebut sebagai pendekatan pembinaan masyarakat (binmas) noken.

(BACA JUGA:TNI dan Tim Survey )

"Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu binmas noken atau pendekatan kepada masyarakat," jelasnya.

Meski demikian, operasi Damai Cartenz juga akan menerapkan penegakan hukum (gakkum). Namun, upaya preventif akan lebih diutamakan daripada penegakan hukum.

"Didukung fungsi lain yakni preventif, Sabhara, dan penegakan hukum (gakkum). Jadi, gakkum itu sebagai fungsi pendukung," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: