10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

Pempek Kapal Selam Palembang--traveloka.com

3. Rica-rica

Rica-rica adalah kuliner khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Berbagai macam bahan makanan bisa diolah dengan rica-rica seperti ikan, ayam, sapi dan juga telur. Mirip-mirip dengan balado, namun rica-rica memiliki kadar rempah yang lebih banyak.

Bumbu yang digunakan cukup sederhana seperti cabai, tomat, bawang merah, putih dan juga jahe. Mudahnya bumbu tersebut membuat rica-rica sebagai makanan khas daerah yang mudah sekali dibuat.

4. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah kuliner khas Bali yang memiliki citarasa pedas. Mirip-mirip dengan ayam Taliwang khas Lombok, namun jika ayam Taliwang warnanya merah karena banyak cabai, ayam betutu warna kuning kemerahan. Rempah khas Bali yang disebut sebagai bumbu genep digunakan untuk memasaknya. 

Cara tradisional membakar ayam betutu adalah dengan memasaknya ke dalam lubang tanah dalam belasan jam namun kini tidak lagi. Bumbu rempah yang membuatnya pedas selain cabai adalah merica hitam dan putih, cengkeh, pala, ketumbar, tabia bun dan juga bangle.

5. Ayam Taliwang

Makanan khas daerah Lombok ini juga memiliki rasa pedas. Hidangan ini kini telah tersedia di berbagai kota, jadi untuk menyantapnya tidak harus pergi ke Lombok. Citarasa pedasnya berasa dari bawang merah besar dan juga bawang merah. 

Aroma yang khas berasal dari bumbu terasi, daun jeruk dan sereh. Ayam akan terasa enak jika dibakar langsung dengan arang. Ketika dibakar ayam akan dilumuri bumbu pedas berulang kali hingga matang.

6. Balado

Balado adalah kuliner khas dari Minangkabau dan berbagai bahan bisa digunakan. Mulai dari ayam, udang bahkan telur biasanya dimasak balado. Tipe masakan pedas ini bisa ditemukan banyak di rumah makan Padang. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: