Kenapa Minum Air Secukupnya Itu Penting, Begini Penjelasan dr Tirta

dr Tirta Mandira Hudhi-Instagram-dr.Tirta

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Minum air putih dengan porsi yang cukup, ternyata sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap baik. 

Hal itu dikatakan influencer kesehatan dan pegiat media sosial, dr Tirta Mandira Hudhi dalam video reels akun Instagram pribadinya, dr.Tirta, yang diposting pada Sabtu, 15 Januari 2022. 

Dalam video singkat yang sudah di like 1.328 orang itu, dr Tirta menjelaskan bahwa mayoritas tubuh manusia memang mengandung air. 

(BACA JUGA:dr Tirta Nge-Gas: Edukasi Kesehatan Dipenjara, Kabur Karantina Karena Sopan Malah Bebas)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta)

"Dan kalian tahu bahwa tubuh kita tersusun hampir sebagian besar air. Dan untuk air di tubuh kita itu diatur oleh sistem yang sangat kompleks," ujar dr Tirta. 

Owner @shoesandcare itu mengatakan, kadar air yang berada dalam tubuh kita, sangat mempengaruhi kesehatan. Ia mengambil contoh seseorang yang baru bangun tidur, yang mana tentu saja orang tersebut dalam kondisi kekurangan air, maka hal itu bisa menimbulkan asam lambung, 

"Apalagi kalau orang punya penyakit GERD, bangun tidur itu mulut rasanya pahit," tuturnya. 

(BACA JUGA:Pro Kontra Syarat Penerbangan, dr Tirta: Kembalikan Fungsi Swab PCR Jadi Alat Diagnosa!)

Namun demikian, seseorang yang terlalu banyak minum juga tidak baik, sebab kerja jantung dan ginjal menjadi sangat berat. 

"Karena jumlah cairan di tubuh kita itu akan sangat berlebih sehingga meningkatkan kerja jantung. Dan itu alasan kenapa orang dengan penyakit gagal ginjal, tidak boleh minum terlalu banyak," tegas dr Tirta. 

Maka itu gaes, yuk kita minum air secukupnya untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi, namun juga jangan terlalu banyak karena membuat kerja jantung dan ginjal menjadi ekstra keras. Yuk mulai hidup sehat hari ini. 

BERITA TERKAIT

//