Mau Wisata ke Candi Borobudur, Sekarang Wajib Pakai Sandal Ini

Wisatawan wajib menggunaan sandal upanat khusus untuk naik ke Candi Borobudur.-kemenparekraf.go.id-kemenparekraf.go.id

MAGELANG, fin.co.id - Menparekraf Sandiaga Uno bakal membuat sandal khusus 'upanat' untuk wisatawan yang akan naik ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Sandal khusus ke Candi Borobudur ini, untuk menjaga kelestarian dan keutuhan warisan budaya dunia yang ada di Indonesia. 

Nantinya, sandal khusus ke Borobudur akan diproduksi oleh pelaku UMKM sehingga bisa mmeningkatkan ekonomi dan kesejahteraan. 

(BACA JUGA:LaNyalla: Para Pendiri Bangsa Akan Menangis Melihat Indonesia Kini)

“Produksi sendal itu diperkirakan membuka sekitar 1.200 lapangan kerja untuk masyarakat setempat,” ujar Sandiaga Uno, Sabtu, 15 Januari 2022.

Sesuai petunjuk Balai Konservasi Borobudur, UPT kemendikbud, candi itu akan menerima kunjungan 4 ribu orang di pelataran.

Dan, 1.000 orang yang bisa naik dengan menggunakan sandal “upanat” di relief nomor 150 Karmawibhangga (pahatan di bagian kaki Candi Borobudur).

(BACA JUGA:Cukai Rokok Naik, YLKI: Masih Paling Rendah dan Termurah Sedunia)

Sandal ini wajib digunakan wisatawan agar tak merusak tangga dan struktur bangunan yang ada di candi.

“Konservasi (Candi Borobudur) pasti akan kita prioritaskan dan juga harapannya ini bagian daripada pemenuhan kebutuhan masyarakat karena masyarakat sudah lebih dari dua tahun menghadapi pandemi (COVID-19),” tandasnya. 

 

Topik:

BERITA TERKAIT

//