LaNyalla: Para Pendiri Bangsa Akan Menangis Melihat Indonesia Kini

LaNyalla: Para Pendiri Bangsa Akan Menangis Melihat Indonesia Kini

Pendiri bangsa Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi.-wikipedia-wikipedia

JAKARTA, fin.co.id - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menyebut para pendiri bangsa akan menangis, jika tahu arah perjalanan Indonesia saat ini. 

Karena, Indonesia terjerumus dalam kubangan liberalisme kapitalistik, tak seperti cita-cita luhur dan hakiki lahirnya bangsa yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

LaNyalla mencoba mengajak merasakan suasana kebatinan para pendiri bangsa Indonesia. 

(BACA JUGA:Cukai Rokok Naik, YLKI: Masih Paling Rendah dan Termurah Sedunia)

"Seandainya mereka berada di tengah-tengah kita hari ini, dan melihat bagaimana wajah Indonesia hari ini," ucapnya.

Untuk melihat lebih dekat cita-cita para pendiri bangsa, LaNyalla membuka rekaman beberapa percakapan para pendiri bangsa dalam sidang-sidang BPUPKI dan PPKI. 

Muhammad Yamin, dengan tegas mengatakan Negara Rakyat Indonesia adalah Pemerintahan Syuriyah, pemerintahan yang didasarkan atas permusyawaratan antarorang berilmu dan berakal sehat yang dipilih atas faham perwakilan.

(BACA JUGA:Daerah Mu Masuk? Ini 11 Wilayah yang Rasakan Guncangan Kuat Gempa di Pandeglang)

"Sementara Ki Bagoes Hadikoesoemo mengatakan bahwa kita harus mempersatukan pendapat-pendapat yang bertentangan, sehingga menjadi bulat," papar LaNyalla. 

Dan Mr Soepomo mengatakan, cara mengangkat pemimpin negara itu hendaknya janganlah diturut cara pilihan menurut sistem demokrasi barat.

Yakni yang menyamakan manusia satu sama lain, seperti angka-angka belaka yang semuanya sama harganya.

Lalu, Bung Karno memungkasi dengan mengatakan, kalau mencari demokrasi, hendaknya bukan demokrasi barat, tetapi permusyawaratan yang memberi hidup, yang mampu mendatangkan kesejahteraan sosial.

"Itulah sebagian pemikiran para pendiri bangsa yang berada dalam suasana kebatinan yang sama. Pemikiran-pemikiran jernih tersebut lahir karena mereka merasakan bagaimana menjadi bangsa yang terjajah," tegas LaNyalla. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lut

Tentang Penulis

Sumber: