Satu Halaman Komik Spider-Man Terjual Rp48 Miliar, Ini Alasannya

Satu Halaman Komik Spider-Man Terjual Rp48 Miliar, Ini Alasannya

Halaman 25 pada komik Spiderman ini yang terjual Rp48 miliar dalam lelang yang diadakan di Texas, amerika Serikat-HO-Heritage Auctions-Antara/HO.com

TEXAS, FIN.CO.ID - Luar biasa mahalnya. Satu halaman komik Spider-Man bisa terjual Rp48 miliar.

Selembar komik Spider-Man yang terjual itu adalah komik terbitan tahun 1984. Salah satu alasan mengapa mahal, karena di halaman itulah pertama kali munculnya Spider-Man hitam.

Satu halaman komik tersebut terjual dalam sebuah lelang yang digelar di Texas, Amerika Serikat pada Kamis, 13 Januari 2022. Halaman yang terjual dengan harga 3,36 juta dolar Amerika atau setara Rp48 miliar itu adalah halaman 25 dari komik “Secret Wars No. 8” Marvel Comics yang digambar Mike Zeck.

(BACA JUGA:Penulis Naskah Spider-Man Berpulang)

Pada halaman ini menunjukkan penampilan perdana Spider-Man dengan kostum hitam. Setelan symbiote yang dikemudian hari muncul karakter Venom.

Dikutip Antara, berdasarkan laporan Associated Press, penawaran lelang dimulai dengan harga 330 ribu dolar Amerika atau Rp4,7 miliar. Dari penawaran pertama lalu melonjak melampaui 3 juta dolar Amerika.

Sebelumnya, untuk rekor penjualan termahal halaman komik di Amerika dipegang “The Incredible Hulk” edisi 1974 seharga 657.250 dolar Amerika atau Rp9,4 miliar.

(BACA JUGA:Spider-Man Samai Pencapaian Avengers: Endgame)

Halaman komik itu menggambarkan penampilan pertama Wolverine.

“Kolektor membeli nostalgia mereka, jadi alih-alih membeli, Anda tahu, karya seni kontemporer, inilah dia. Mereka lebih suka memiliki (halaman ini) karena berbicara kepada mereka lebih dari sekadar karya seni kontemporer,” kata wakil presiden Heritage Auctions, Joe Maddalena, dikutip dari Sky News.

Masih pada hari yang sama, salah satu dari sedikit salinan yang masih ada dari debut Superman, “Action Comics No. 1”, juga terjual seharga USD3,18 juta atau Rp45,5 miliar. Harga tersebut menjadikan “Action Comics No. 1” termasuk di antara komik-komik paling mahal yang pernah dilelang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: