7 Dampak Buruk Menggunakan Ganja, Dari Halu Sampai Masuk Penjara

Ilustrasi tanaman ganja-Photo by Michael Fischer from Pexels-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Publik baru-baru ini dihebohkan dengan sederet artis yang ditangkap Kepolisian karena terlibat penggunaan narkotika jenis ganja. Sebut saja penyanyi Anji, Ardhito Pramono hingga yang terakhir Fico Fachriza. 

Para artis itu dicokok Polisi karena kedapatan mengkonsumsi barang haram yang berasal dari daun-daunan tersebut. 

Banyak orang yang belum mengetahui, sebenarnya mengkonsumsi ganja sangat berbahaya bagi kesehatan, terlebih jika sampai kecanduan dan menggunakan dalam jangka panjang. 

Berikut Fin.co.id merangkum bahaya penggunaan ganja bagi kesehatan:

1. Halusinasi dan hilang kendali

Halusinasi dan hilang kendali adalah efek ganja yang paling dikenal luas. Mengkonsumsi ganja akan menyebabkan halusinasi, euforia, dan hilang kendalinya seseorang. Inilah yang membuat ganja kemudian dilarang karena sangat berbahaya. 

2. Bisa kecanduan

Meski masih ada yang meragukan hal ini, memang faktanya ganja memiliki kadar bahan adiktif yang dapat menyebabkan ketergantungan. Bahkan jika terus dikonsumsi setiap hari bisa berujung pada overdosis.

3. Menyebabkan kerusakan paru-paru

Pemakai ganja akan berhadapan dengan masalah paru-paru, terutama pernapasan. Konsumsi tiga-empat puntung ganja sama bahayanya dengan mengkonsumsi 20 puntung rokok. Steadyhealth pernah melaporkan, ganja dinilai lebih berisiko menyebabkan gangguan paru-paru dibanding rokok.

4. Gangguan sistem produksi

Sejumlah penelitian mengungkap konsumsi ganja pada pria akan mengakibatkan jumlah jumlah sperma berkurang. Pada wanita akan membuat siklus menstruasi tidak teratur.

5. Sakit jiwa

BERITA TERKAIT

//