Kerennya Mandalika, Surga Wisata Bagi Pecinta Pantai dan Penikmat Balapan

Kerennya Mandalika, Surga Wisata Bagi Pecinta Pantai dan Penikmat Balapan

Sirkuit Pertamina Mandalika-Sigit Nugroho-FIN.CO.ID

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mandalika, sebuah wilayah di Pulau Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir-akhir ini menjadi sangat popule, usai kesuksesan penyelenggaraan event balap motor World Super Bike (WSBK) pada 19 - 21 November 2021 lalu. 

Mandalika dengan Pantai Kuta nya, kini jadi buah bibir di dunia, karena Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mampu memadukan kualitas sirkuit yang terbaik dengan keindahan alam Pantai Kuta yang ada disana. 

Pamor Sirkuit Mandalika juga menjadi naik, ketika Kementerian PUPR memberikan sentuhan-sentuhan infrastruktur yang terbaik disana.

(BACA JUGA:MotoGP 2022 Mandalika Jadi Sorotan Dunia, Jokowi Ingin Pastikan...) 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan Jalan Bypass BIL - Mandalika yang dibangun dengan mengedepankan estetika, bakal menjadi contoh jalan nasional yang baik. 

Penataan koridor Jalan Bypass BIL-Mandalika meliputi penanaman rumput dan pohon, antara lain bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan. Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, seperti jenis trembesi, angsana, pule, dan jati. 

Tidak hanya itu, Kementerian PUPR juga menata Bundaran BIL yang berada di titik nol (STA 0+000), ikon baru di kawasan Mandalika STA 11+100 yang biasa dimanfaatkan warga untuk spot swafoto serta Bundaran Sunggung STA 17+363. 

Kemudian penataan dan pelebaran jalan eksisting menambah lajur menjadi 4 lajur pada ruas Kuta - Kruak sepanjang 5,3 km. Penataan dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL - Mandalika STA 17.3 hingga Bundaran Tri Putri di Jalan nasional Sengkol - Kuta, termasuk akses utama menuju Sirkuit Mandalika.

(BACA JUGA:Kursi Penonton Sirkuit Mandalika Disebut Setara yang Dipakai Sirkuit F1 )

Dukungan infrastruktur juga dilakukan dengan membangun sistem drainase kawasan yang terintegrasi dengan drainase di dalam Sirkuit Mandalika serta kegiatan peningkatan kualitas hunian layak atau dikenal dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) menjadi homestay. 

Secara keseluruhan pembangunan homestay sebanyak 300 unit yang sudah terbangun di Desa Gerupuk dan Kuta, ditambah koridor Sirkuit Mandalika 196 unit yang akan direhabilitasi.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: