Sate Klatak, Kuliner Khas Kota Pelajar Yang Melegenda

Sate klatak khas Jogja--Jogjakartour.com

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Yogyakarta identik dengan sebutan kota pelajar, ternyata menyimpan potensi kuliner yang unik. Salah satu diantaranya yakni sate klatak. 

Keunikan sate klatak bukan hanya pada rasanya, namun juga pada ukurannya yang besar dan cara penyajiannya yang menggunakan jeruji sepeda. 

Salah satu penjual sate klatak yang terkenal di Yogyakarta yaitu Pak Yakiron atau biasa dipanggil Pak Pong. Ia pun membuka rumah makan Sate Pak Pong yang terletak di wilayah Jejeran, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

(BACA JUGA:5 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Cirebon, Nomor 2 Gak Ada di Tempat Lain)

Sate klatak di rumah makan Sate Pak Pong disajikan hanya dua tusuk saja dalam satu porsi. Namun jangan salah, meski hanya dua tusuk, potongan dagingnya yang besar-besar, dijamin bikin kita kenyang.

Bukan tanpa alasan, penggunaan jeruji sepeda ternyata ada tujuannya, yaitu agar sate yang dibakar matang luar dalam. Setidaknya demikian yang dikatakan salah satu karyawan sate Pak Pong. 

"Sate klatak itu dari kambing. Ciri khas cuma pakai bumbu asin dan gurih. Penyajiannya pakai jeruji sepeda. Pakai jeruji sepeda tujuannya agar daging bisa matang luar dan dalam," ujar Eko kepada Fin.co.id, Jumat 14 Januari 2022.

(BACA JUGA:Mengintip Manisnya Geliat Bisnis Kuliner Para Artis Indonesia)

Tampilan sate klatak ini sangat sederhana dan memiliki rasa yang sangat gurih. Tak perlu merogoh kocek dalam untuk makan sate klatak, sebab untuk makan satu porsi sate yang dijamin bikin kenyang, anda cukup membayar Rp24.000 saja.

Dalam satu hari, Pak Pong bisa menghabiskan 10-15 ekor kambing untuk dijadikan sate klatak. Sementara pada hari-hari tertentu seperti weekend atau hari libur nasional, Pak Pong bahkan bisa menghabiskan 20-25 ekor kambing dalam sehari. 

Rumah makan Sate Pak Pong buka setiap hari, dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 23.00 malam. Untuk hari Sabtu dan Minggu, Sate Pak Pong buka pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 23.30 malam. 

Tak hanya menyajikan sate klatak saja, rumah makan Sate Pak Pong juga menyediakan menu lainnya yang tak kalah lezat. Seperti Sate Biasa, Tengkleng, Tongseng, Gulai Daging, Tongseng Kepala, Nasgor Kambing, dan Licik (tongseng kering, semacam rica-rica). (git/fin)

BERITA TERKAIT

//