MotoGP 2022 Mandalika Jadi Sorotan Dunia, Jokowi Ingin Pastikan...

MotoGP 2022 Mandalika Jadi Sorotan Dunia, Jokowi Ingin Pastikan...

Presiden Jokowi naik motor bobber ingin pastikan kesiapan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berjalan baik.-BPMI-BPMI

JAKARTA, fin.co.id - Presiden Joko Widodo ingin memastikan penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika, NTB yang menjadi sorotan dunia berjalan dengan baik. 

Penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika, kata Jokowi, tidak boleh ada isu yang tidak baik ikut numpang.

“Saya ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 ini di Mandalika, Nusa Tenggara Barat ini betul-betul harus terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang enggak baik, yang ikut numpang di situ,” ujar Jokowi, Kamis, 13 Januari 2022.

(BACA JUGA:Ternyata Jaket G20 Indonesia, Celana sampai Sepatu yang Dikenakan Jokowi saat Kunjungi Sirkuit Mandalika Buatan Bandung)

Pertama, Jokowi ingin memastikan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang menjadi pintu masuk bagi pebalap dan ofisial MotoGP 2022, Mandalika.

Pelayanan, harus diberikan dengan cepat tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Mulai dari imigrasi, protokol kesehatan, bea cukai yang ada di sana, saya minta betul-betul dilakukan secara profesional, dengan kecepatan yang cepat,” ungkap Jokowi.

(BACA JUGA:Kursi Penonton Sirkuit Mandalika Disebut Setara yang Dipakai Sirkuit F1 )

Termasuk pembenahan fasilitas pendukung yang ada di sekitar Mandalika, mulai dari penataan jalan, penghijauan, perluasan, hingga pelebaran jalan.

“Penataan pemukiman yang tadi saya lihat, homestay maupun warung penjualan suvenir, warung yang berjualan makanan, semuanya agar bisa di-upgrade, sehingga wajah Mandalika ini betul-betul pada saat MotoGP berubah,” tuturnya.

Tidak hanya di sekitar sirkuit, fasilitas dan infrastruktur pendukung di dalam sirkuit harus segera dibangun dan dibenahi. 

“Pembangunan tribun penonton, ini waktunya sudah mepet, jangan mepet-mepet, segera bisa dimulai sesegera mungkin lebih baik pengaspalan kembali sirkuit, kalau diperlukan. Cek betul kesiapan kebutuhan listrik,” beber Jokowi. 

Terakhir, Jokowi menekankan pentingnya kesiapan terkait fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan, rumah makan, pariwisata, termasuk suvenir.

“Fasilitas penjualan suvenir, UMKM, ini yang melibatkan perajin-perajin yang ada di NTB dan provinsi yang lain, termasuk promosi destinasi wisata mana yang bisa dikunjungi setelah atau sebelum MotoGP diselenggarakan,” tandasnya. (khf/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lut

Tentang Penulis

Sumber: