Siap-siap! Harga Tahu Tempe Bakal Naik, Ini Penyebabnya...

Siap-siap! Harga Tahu Tempe Bakal Naik, Ini Penyebabnya...

Pabrik Tahu--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP) mencatat, harga kacang kedelai impor pada Rabu 12 Januari 2022 naik 0,8 persen menjadi Rp12.500 per kilogram (kg) dibandingkan hari sebelumnya.

Dekan Fakultas Pertanian UGM Jamhari mengatakan, impor kedelai merupakan masalah jangka panjang yang membutuhkan solusi. Sebab, ketika harga kedelai naik, imbasnya juga akan terasa pada industri pembuatan tahu dan tempe.

"Harga Kedelai dunia sedang naik. Otomatis bakal berpengaruh ke tahu dan tempe," kata Jamhari, seperti dikutip dari keterangan resmi UGM, Kamis 13 Januari 2022.

(BACA JUGA:Kedelai Impor Terus Naik, Perajin Tahu Tempe Kelabakan)

Dalam memecahkan masalah itu, Jamhari mengusulkan untuk mengembangkan komoditas lokal pengganti kedelai serta berupaya meningkatkan produksi kedelai dalam negeri.

"Untuk membuat tempe tidak harus kedelai. Ada kacang-kacangan lain seperti kacang koro yang cukup bagus untuk dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia untuk menggantikan kedelai impor," terangnya.

Jamhari menjelaskan, kedelai sebetulnya merupakan tanaman yang secara alami dapat berproduksi secara optimal di daerah subtropis. Maka tak heran produktivitas kedelai di Indonesia tidak sebaik negara produsen utama.

"Walau beberapa varietas kedelai di Indonesia memiliki potensi produksi yang cukup tinggi, namun sejauh ini masih terdapat kesenjangan antara produksi potensial dan produksi riil," tuturnya.

Menurut Jamhari, salah satu penyebab rendahnya produksi kedelai di Indonesia adalah karena minimnya lahan pertanian. Solusi jangka pendeknya, ialah mengintegrasikan pertanian kedelai dengan perkebunan dan hutan tanaman.

"Secara umum, Indonesia menghadapi keterbatasan lahan untuk pangan. Termasuk kedelai yang produksinya oleh petani kecil yang kekurangan lahan, bukan dari perusahaan besar," kata Jamhari.

(BACA JUGA:Tempe Bakal Diekspor)

Di sisi lain, lanjut Jamhari, pengembangan industri produk substitusi dapat menjadi solusi jangka panjang jika disikapi secara serius oleh pihak terkait, termasuk pemerintah dan pelaku industri.

Misalnya, varietas seperti kacang koro belum mencapai produktivitas yang maksimal karena kurangnya keseriusan dalam mengembangkan substitusi kedelai impor dari pihak-pihak tersebut. 

"Ujung tombak upaya ini harus terletak pada mereka yang memiliki sumber daya teknologi dan kemampuan untuk mengembangkan produk pertanian yang sesuai dengan iklim Indonesia," pungkasnya. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: