Dulu Alasan Ganti Warna Seragam Satpam Mirip Polisi Agar Dekat Secara Emosional, Eh... Kini Malah Bikin Bingung

Dulu Alasan Ganti Warna Seragam Satpam Mirip Polisi Agar Dekat Secara Emosional, Eh... Kini Malah Bikin Bingung

Polri berencana mengganti warna seragam satpam yang semula berwarna cokelat menjadi krem.-Fajar-Fajar.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID- Baju seragam satuan pengamanan atau Satpam yang saat ini berwarna cokelat, kini kembali akan diganti dengan warnah krem. 

Alasannya, warna seragam satpam saat ini mempunya kemiripan dengan seragam Polisi hingga membuat masyarakat menjadi bingung. 

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem. Karena menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu 12 Januari 2022.

Alasan itu berbeda pada tahun 2020 lalu. Saat itu, Jenderal Idham Azis yang menjabat sebagai Kapolri mengeluarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

(BACA JUGA:Intip Foto-foto Satpam Cantik yang Lagi Viral, Bikin Klepek-klepek)

Peraturan tersebut memuat perubahan warna pakai seragam yang tadinya berwarnah biru tua dan putih, diganti dengan warna cokelat yang mirip dengan seragam Polisi. 

Alasannya, kesamaan seragam antara Satpam dengan Polisi agar terjalin kedekatan secara emosional dan institusi.

Selain itu, perubahan tersebut juga dilakukan Polri untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap anggota Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

(BACA JUGA:Ganti Warna, Seragam Baru Satpam Kini Makin Gagah)

"Memuliakan profesi Satpam, dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujar  Brigadir Jenderal Awi Setiyono yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri.

Kini, warna seragam Satpam kembali diubah dengan krem karena dinilai membingungkan masyarakat dalam membedakan Polisi dan Satpam. (dal/fin)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: fin