Berkiprah di IBL, Talenta Muda Indonesia Patriots Disiapkan Perbassi ke Event Intenasional

Berkiprah di IBL, Talenta Muda Indonesia Patriots Disiapkan Perbassi ke Event Intenasional

Kapten Indonesia Patriots Ali Bagir Al Hadar menunjukan aksinya-iblindonesia.com-iblindonesia.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesian Baskelball League (IBL) atau Liga Bola Basket Indonesia akan mulai dihelat pada Sabtu 15 Januari 2022.

Indonesia Patriots akan kembali ambil bagian dalam ajang tersebut. Seperti musim sebelumnya, talenta muda terbaik bangsa akan memberi yang terbaik dalam kompetisi kasta tertinggi bola basket nasional. 

Ketum PP PERBASI Danny Kosasih mengatakan talenta muda Indonesia Patriots itu akan bermain total. Sebab IBL merupakan condrodimuko para pemain muda mendapatkan jam terbang sekaligus mengembangkan kemampuan sebelum bertarung di kejuaraan tingkat internasional.

"PP PERBASI menurunkan pemain muda di IBL karena ingin memberikan jam terbang kepada mereka agar lebih berkembang. Dengan ditempa di kompetisi akan membuat mereka menjadi pemain yang lebih matang ke depannya. Mereka diharapkan bisa menjadi pelapis di Timnas," terangnya, Kamis, 13 Januari 2022. 

(BACA JUGA:Perbasi Bersiap Tatap Piala Dunia Basket 2023)

"Pelatih Timnas (Rajko Toroman) juga akan terbantu jika IBL diramaikan pemain muda. Stok pemain jadi melimpah dan itu akan memudahkannya dalam membangun tim," lanjutnya.

Ditambahkan Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi, secara kualitas, para pemain muda di Indonesia Patriots tidak diragukan lagi. Tapi, mereka butuh pengalaman bertanding. 

"Dengan diasah terus di kompetisi, diharapkan ke depan mereka bisa menjadi andalan menghadapi berbagai kejuaraan internasional," jelas Nirmala.

(BACA JUGA:19 Pebasket Asing Ramaikan IBL Pertamax 2018/2019)

Terdekat, Indonesia akan dihadapkan multieven antarnegara ASEAN, SEA Games XXXI Mei nanti di Hanoi. Pada ajang itu, mereka nanti akan jadi tumpuan dan akan diperkuat pemain senior yang kini menjadi andalan di masing-masing tim dalam kompetisi IBL. Di antaranya ada Andhakara Prastawa, Lester Prosper, Brandon Jawato, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita dan pemain berkualitas lainnya pilihan pelatih. 

Manajer Tim Indonesia Patriots Jamin Mattotoran menambahkan, bermain di kompetisi juga menjadi sarana pelatih mematangkan strategi bermain ala Rajko Toroman melalui coach (pelatih) Milos Pejic. Harapannya, saat pemain muda ini nanti gabung bersama pemain senior di Timnas tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi.

"Bermain di kompetisi IBL akan mengasah kemampuan pemain Indonesia Patriots sekaligus mengaplikasikan sistem strategi dan taktik coach Milos yang selaras dengan arahan dari coach Rajko Toroman. Sehingga ketika bergabung dengan Timnas senior tidak butuh waktu lama untuk adaptasi," terang Jamin. 

Terlebih, pelatih Indonesia Patriots, Milos Pejic tidak mempermasalahkan tim diisi pemain muda dan minim pengalaman. Justru, dia tertantang menjadikan tim kuat. Ini sesuai dengan tujuan dibuatnya tim, yaitu dipersiapkan untuk masa depan. 

"Tim Patriots sangat muda dan belum berpengalaman dalam mengikuti seri IBL ini, namun kami percaya terhadap ide tim ini dipersiapkan untuk masa depan Indonesia. Target kami di IBL adalah mempercepat proses penyerapan strategi pelatih selama kompetisi dan dengan semangat muda mereka saya yakin bisa terwujud," ucap Milos. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: