Jokowi Janji Akomodasi Seluruh Kepentingan Negara di KTT G20

Jokowi Janji Akomodasi Seluruh Kepentingan Negara di KTT G20

×

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berjanji, saat Indonesia mulai menjabat sebagai presiden negara kelompok G20 pada 2022 mendatang akan mengakomodasi seluruh kepentingan negara. 

"Indonesia akan berupaya agar G20 dapat bekerja untuk kepentingan semua, untuk negara maju dan berkembang, Utara dan Selatan, negara besar dan kecil, negara kepulauan dan pulau kecil di Pasifik serta kelompok rentan yang harus diprioritaskan," kata Jokowi dalam pidato di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ket-76 secara virtual, dikutip Kamis (23/9/20221).

Presiden Jokowi menambahkan, bahwa inklusivitas adalah prioritas utama kepemimpinan Indonesia di G20 dan dunia. "Inilah komitmen Indonesia untuk membuktikan no one left behind (tidak ada yang tertinggal di belakang)," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan ekonomi hijau dan berkelanjutan akan menjadi prioritas Indonesia. Indonesia, katanya, memiliki nilai yang strategis dalam isu perubahan iklim.

"Untuk itulah kami terus bekerja memenuhi komitmen kami," pungkasnya. 

Indonesia diketahui akan menjadi Presidensi G20 mulai 1 Desember mendatang hingga 3 November 202. Sementara itu, presidensi tahun ini dipegang oleh Italia.

Jokowi dilaporkan akan terbang ke Italia pada akhir Oktober untuk menghadiri serah terima Presidensi G20 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: