Penyebaran Corona Berpotensi Meluas

Penyebaran Corona Berpotensi Meluas

JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, bahwa ada potensi penyebaran virus corona yang lebih luas. Hal itu mengingat, adanya penularan dari orang-orang tanpa riwayat perjalanan ke Cina. Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, ada beberapa contoh terkait penyebaran lanjutan virus corona dari orang-orang tanpa riwayat perjalanan ke Cina.

BACA JUGA: Sah, Osvaldo Haay Jadi Macan Kemayoran

"Deteksi sejumlah kecil kasus dapat mengindikasikan penularan yang lebih luas di negara lain," kata Ghebreyesus melalui akun Twitter pribadinya pada Senin (10/2). Menurut Ghebreyesus, wabah yang saat ini terpantau atau terlihat bisa saja hanya 'gunung es'. Artinya, terdapat kemungkinan jumlah korban yang terinfeksi virus jauh lebih banyak. "Untuk itu kami memita, semua negara meningkatkan upaya untuk mempersiapkan kemungkinan masuknya virus korona ke wilayah mereka masing-masing," ujarnya.

BACA JUGA: Update Corona: 910 Meninggal Dunia

Ghebreyesus juga meminta, siapapun yang memiliki informasi terkait virus corona juga didorong membaginya dengan WHO. Hingga Ahad (9/2) malam, jumlah korban meninggal akibat virus corona di Cina telah mencapai 908 jiwa. "Angka itu melampaui jumlah kematian akibat wabah SARS pada 2002-2003 yang berkisar 700 orang. Kasus infeksi atau penularan juga masih terus bertambah. Saat ini Cina menangani sedikitnya 40.171 pasien virus corona," pungkasnya. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: