Waspadai Hujan Lebat hingga Akhir Pekan

Waspadai Hujan Lebat hingga Akhir Pekan

JAKARTA - Hujan lebat disertai angin berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia hingga akhir pekan. Masyarakat diminta untuk mewaspadainya. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Taufan Maulana mengatakan pihaknya memprediksi beberapa wilayah di Indonesia masih akan menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang serta kilat hingga Sabtu 7 Maret 2020. "Intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik utara Papua. Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/3).

BACA JUGA: Jerman Junior 2020: Tambah Dua Amunisi

Salah satu penyebabnya, adanya tekanan rendah di Samudera Hindia barat daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di selatan Jawa Timur. Kedua kondisi tersebut sangat berperan dalam potensi cuaca tersebut selain konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Bengkulu. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan Timur dan Utara, Sulawesi Utara dan Tengah, Maluku Utara dan Perairan Utara Papua. "Selain itu, low level jet stream dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera dan Samudera Pasifik timur Filipina," lanjutnya. Dikatakannya, BMKG memprediksi Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimamtan Utara, Kalimantan Timur dan Papua akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang pada Jumat (6/3). Sementara pada Sabtu (7/3) wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Papua juga diprakirakan akan berpeluang terjadi hujan deras dengan angin kencang serta petir. "Kami mengimbau masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat untuk selalu berhati-hati," kata Taufan. Sebelumnya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo meminta masyarakat tetap siaga dalam menghadapi potensi dampak hujan lebat pada Maret 2020.

BACA JUGA: Adik Ipar Nurhadi Digarap KPK

"BNPB terus mengimbau warga untuk tetap siaga dalam menghadapi potensi dampak hujan lebat di wilayah Indonesia," katanya. Dikatakannya, berdasarkan prakiraan BMKG sebagian besar wilayah Indonesia masih berpotensi hujan dengan intensitas rendah hingga sangat tinggi pada Maret. Daerah tersebut seperti sebagian besar wilayah Aceh, Sumatera Utara dan Riau berpotensi hujan dengan intensitas rendah, sedangkan wilayah pesisir barat Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua berpotensi dengan curah hujan tinggi hingga ekstrem. Mengingat masih tingginya curah hujan, dia pun mengatakan potensi bahaya banjir masih akan terjadi di wilayah Indonesia.(gw/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: