2 Pasien Covid-19 Sembuh

2 Pasien Covid-19 Sembuh

JAKARTA - Dua orang pasien Covid-19 di Tanah Air dinyatakan sembuh. Kemungkinan lusa akan dipulangkan. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19) Achmad Yurianto mengatakan dua orang pasien Covid-19 sudah pulih. "Ada kabar membahagiakan. Dua pasien sudah sehat dan negatif Covid-19," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/3). Dua orang yang pulih dari Covid-19 adalah pasien kasus 06. Dia merupakan kru kapal Diamond Princess yang tengah dirawat di RS Persahabatan.

BACA JUGA: Sibuk Corona, DBD Bunuh 100 Pasien

"Pada hari kelima pemeriksaan sudah menunjukkan hasil negatif," katanya. Tim kesehatan masih menunggu pemeriksaan lanjutan dua hari yang akan datang. Apabila tetap negatif maka yang bersangkutan dipersilakan keluar dari rumah sakit. Meski demikian, setelah keluar, yang bersangkutan harus melakukan isolasi diri untuk tidak melakukan kontak dekat dengan siapapun sementara. "Bukan berarti tidak boleh kontak dengan siapapun. Boleh, tapi ditahan. Artinya dia harus menggunakan masker dan berusaha pada posisi setidaknya dua meter, kalau kita bicara self isolated," ujarnya. Dikatakannya lagi, pasien kasus 06 itu juga harus melakukan pengawasan diri jika merasa ada keluhan panas, batuk atau sesak nafas kembali, maka harus melaporkan ke petugas kesehatan.

BACA JUGA: Update! Sudah 27 Orang Terinfeksi Corona di Indonesia

Sedangkan satu orang lagi yang dinyatakan pulih pada hari ketiga perwatan adalah pasien kasus 14. Setelah dilakukan penelusuran, kasus 14 sudah sakit selama tiga hari di rumah sebelum dirawat di RS. Selama sakit tiga hari di rumah, yang bersangkutan merasa hanya influenza biasa, sehingga melakukan pengobatan sendiri. Baru pada hari ketiga setelahnya yang bersangkutan melaporkan ke rumah sakit. "Untuk kasus 14 ini kita lakukan tracing, karena sudah dua tiga hari di rumah dalam keadaan sakit," katanya. Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, Dyani Kusumowardhani menyatakan satu pasien berstatus dalam pengawasan dinyatakan bebas Covid-19 setelah dua kali pemeriksaan klinis. "Pasien dinyatakan sehat dan aman kalau pemeriksaan klinis sudah dua kali dinyatakan negatif dan tidak ada keluhan apa-apa, tidak ada penyakit lain yang menunjukkan gejala Covid-19 berarti pasien sudah aman untuk dipulangkan," katanya. Kendati demikian, ia mengatakan, pasien dalam pengawasan yang sudah dinyatakan bebas Covid-19 tidak akan terinfeksi virus corona lagi. "Kami belum tahu soal itu karena memang ini kan belum banyak pengalaman," katanya. Dyani menjelaskan RSPI menangani sembilan pasien terkait Covid-19 dan kondisinya semuanya stabil. "Kondisi pasien secara keseluruhan cukup baik, tidak ada demam, rata-rata keluhan hanya sekedar batuk. Sejak beberapa hari lalu semua bisa dikatakan kondisinya tenang dan stabil, termasuk sampai hari ini," katanya. Enam dari sembilan pasien yang menjalani perawatan di RSPI sudah dikonfirmasi positif Covid dan tiga lainnya berstatus pasien dalam pengawasan, yakni mereka yang menunjukkan gejala sakit serupa COVID-19 seperti influenza, demam, batuk, dan sesak nafas.(gw/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: