Mengingat Guyonan Menhub Budi Karya: Kita Kebal Corona Karena Makan Nasi Kucing

Mengingat Guyonan Menhub Budi Karya: Kita Kebal Corona Karena Makan Nasi Kucing

JAKARTA- Menteri Perhubungan (Menhub) RI. Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus corona alias Covid-19. Kabar ini diumumkan oleh Mensesneg Pratikno pada Sabtu (14/3) malam. Menhub saat ini sedang dirawat di SDPAD Gatot Subroto

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi karya Sumadi," kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Sabtu (14/3).

Jauh sebelum terjangkit, Budi Karya mengklaim masyarakat Indonesia kebal virus corona. Dia berkelakar, masyarakat kebal karena masyarakat gemar makan nasi kucing.

"Tapi (ini) guyonan sama Pak Presiden ya, insya Allah ya, COVID-19 tidak masuk ke Indonesia karena setiap hari kita makan nasi kucing, jadi kebal," kata Budi Karya saat menyampaikan pidato ilmiah dalam acara peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74 di Grha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta, Senin 17 Februari lalu.

Nasi kucing adalah adalah jajanan kuliner yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Porsi nasi ini biasanya sedikit, dengan lauk sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang.

Memang pada bulan Februari kemarin, Indonesia belum terjangkit virus corona. Indonesia sendiri baru umumkan dua orang terjangkit virus corona pada tanggal 2 Maret. Hingga saat ini, pada Sabtu (14/3), di tanah air telah terinfeksi sebanyak 97 orang termasuk Menhub Budi Karya dan 4 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Menhub dalam dua minggu terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat Ia bekerja atau menghadiri agenda-agenda penting di mana Ia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Agenda terakhir yang diwakilkan yakni pada Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat, Senin (2/3/2020) dan menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2/2020) di Kementerian Keuangan.

Mobilitas Menhub memang dikenal sangat tinggi. Ia bisa melakukan kunjungan ke beberapa daerah dalam sehari menggunakan helikopter atau pesawat khusus. Ia juga kerap kali bekerja tujuh hari seminggu tanpa libur untuk mengecek infrastruktur transportasi meskipun Ia memiliki riwayat sakit asma sejak lama.

Menhub Budi Karys jatuh sakit gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati dan Indramayu. (dal/fin).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: