Rupiah Berpotensi Tembus di Level 15 .500 per Dolar AS

Rupiah Berpotensi Tembus di Level 15 .500 per Dolar AS

JAKARTA - Dahsyatnya gempuran virus corona atau Covid-19 terhadap pasar keuangan menyebabkan nilai tukar Rupiah terus melemah ke level 5 ribu per Dolar AS. Bahkan, ekonom memperkirakan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS masih akan terus tertekan hingga posisi 15.500. Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda menilai, pelemahan nilai tukar Rupiah akan terus terjadi lantaran pemerintah tak mampu dalam mengantisipasi wabah corona terhadap perekonomian nasional. "Pasti akan terus melemah karena wabah corona ini. Terlebih pemerintah seperi gagap menangani wabah corona ini," ujarnya kepada Fajar Indonesia Network, Selasa (17/3). Kondisi demikian, melemahkan Indeks Harga Saham Gabungan (ISHG). Kemarin (17/3), IHGS dibuka terjun bebas di level terendah yaitu 4.467 atau turun hingga 4,7 persen. Itu karena investor asing melakukan aksi jual. "Hal tersebut memperparah kondisi IHSG dan Rupiah. Saya kira mungkin akan tembus sampai Rp15.500," ucapnya. Ekonom INDEF lainnya, Ariyo DP Irhamna menilai jika apa yang dilakukan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed melalui kebijakan moneter (Quantitative Easing/QE) seharusnya nilai tukar Rupiah menguat. Namun kenyataannya sebaliknya.

BACA JUGA: Bebas Visa Bagi Warga Asing Ditunda

"The Fed baru saja melalukan QE yang seharusnya berdampak pada pelemahan USD terhadap mata uang lain. Namun, tampaknya psikologis pasar berbicara lain, sehingga nilai tukar USD terhadap IDR malah menguat," ucapnya kepada Fajar Indonesia Network. Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra melihat kekhawatiran pasar terhadap penyaberan virus corona yang semakin meluas menyebabkan Rupiah masih belum membaik. “Semalam walstreet jatuh dalam lebih dari 12 persen. Tapi Pagi ini indeks Nikkei bergerak positif, S&P Futures juga demikian. Mungkin berita persiapan stimulus dari pemerintah AS membantu mengangkat sentimen sebagian pelaku pasar,” kata Ariston. Saat ini, kata dua, Pemerintah AS masih bernegosiasi dengan senat untuk menggelontorkan paket stimulus yang lebih besar. Begitupun dengan pemerintah Selandia Baru, yang juga merilis stimulus NZD 12,1 miliar pagi ini, serta Bank Sentral Australia juga mempersiapkan stimulus moneter lanjutan. “Rupiah masih berpotensi tertekan karena kekhawatiran penyebaran corona namun sentimen stimulus AS bisa membantu menahan pelemahan Rupiah, potensi USD-IDR yakni kisar Rp14.800- Rp15.100,” ucapnya. Alhasil, prediksi dia, Rupiah masih akan terus tertekan hingga pasar masih menunggu stimulus dari Pemerintah AS yang akan dirilis beberapa hari ini, apabila besar stimulusnya dan sesuai ekspektasi, memungkinkan sentimen positif bisa datang lagi ke pasar keuangan. Kemunginan, lanjut dia, Rupiah akan mendekati level tertinggi seperti pada oktober 2018, saat itu Rupiah berada di level Rp 15.217 per Dolar AS. “Ada resisten kuat yang dekat yaitu di kisaran Rp15.270,” ucapnya.

BACA JUGA: Covid-19 Tidak Memandang Usia

Kendati begitu, jika penyebaran pandemi corona mereda, dan stimulus pemerintah AS dan global melebihi ekspektasi pasar, maka Rupiah kemungkinan besar akan kembali stabil. Dengan terus bertambahnya jumlah orang yang positif COVID-19, dari 134 menjadi 172 orang. Dari jumlah itu, korban yang meninggal sebanyak lima orang dan sembilan dinyatakan sembuh. Melihat itu Rupiah masih akan terus tertekan. "Sentimen pasar masih sangat negatif. Pandemi corona ini belum jelas kapan bisa berakhir. Tidak ada faktor yang benar-benar positif menenangkan pasar, dan selama ketidakpastian ini masih begitu besar, maka Rupiah akan terus dalam posisi tertekan," kata Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah kepada Fajar Indonesia Network. Parahnya lagi, menurut Piter, pelemahan Rupiah tak ada batasannya sebab selama tidak tertangani dengan baik oleh Pemerintah Indonesia, maka Rupiah akan terus babak belur. "Pelemahan Rupiah saat ini tidak ada batasannya. Ya, semakin lama pandemi corona tidak tertangani Rupiah akan berpotensi terus melemah," tukas dia. Melansir Kurs Reuters, Senin (16/3), Rupiah berada di posisi 15.019 per Dolar AS. Sedangkan berdasarkan Bloomberg, Rupiah berada di posisi 14.932 per Dolar AS. Sepanjang kemarin (17/3), Rupiah bergerak di kisaran 14.705 per Dolar AS hingga 14.968 per Dolar AS. Sedangkan menurut Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah berada di posisi 14.818 per Dolar AS.(din/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: