Liga 1: Persita Kembali Tunda Latihan

Liga 1: Persita Kembali Tunda Latihan

TANGERANG - Liga 1 memang berhenti sementara dan baru akan dimulai kembali April. Ada beberapa kontestan yang memutuskan untuk meliburkan skuadnya. Salah satunya Persita Tangerang. Persita juga menghentikan masa latihannya untuk sementara waktu dan memilih meliburkan para pemain. Usai laga menghadapi Tira Persikabo pada Minggu (15/3) lalu, manajemen tim Persita memberikan masa libur kepada para pemain dalam waktu tiga hari. Artinya, pada Kamis (19/3) kemarin tim sudah mulai kembali menjalani latihan seperti biasa. Akan tetapi, setelah melalui pertimbangan matang dari manajemen tim serta dokter tim, skuat tim berjuluk Pendekar Cisadaene itu meununda sesi latihan tersebut. Hal itu tak lain demi keselamtan dan kesehatan para pemain dari virus yang berpusat di Wuhan, China tersebut. Dengan kata lain, manajemen tim menambah masa libur para pemain. Rencananya, skuat Raphael Maitimo dan kawan-kawan akan kembali menjalani sesi latihan pada Senin (23/3) mendatang.

BACA JUGA: Masjid Agung Tetap Dipakai Jumatan

Menurut manajer tim Persita, I Nyoman Suryanthara penambahan masa libur itu merupakan hasil diskusi antara tim pelatih, manajemen, presiden klub dan juga atas rekomendasi dokter tim. "Ya, kami memutuskan untuk memperpanjang masa libur pemain sebagai antisipasi penyebaran virus COVID-19 saat ini," ujar Nyoman seperti keterangan tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Jumat (20/3) kemarin. "Ditambah memang ada imbauan juga dari manajemen dan presiden klub. Selain tim yang diliburkan, karyawan di kantor manajemen Persita juga sudah menerapkan sistem Working from Home (WFH) sejak awal pekan ini,” tambah Nyoman. Meski menjalani masa libur, para pemain tetap diberikan pekerjaan rumah atau PR guna menjaga kondisi tubuh. Tim pelatih Persita telah memberikan program latihan kpada seluruh pemain untuk dijalankan saat menjalani masa liburan. Tak lain, program tersebut, berfokus pada maintenance fisik pemain agar tetap fit dan prima meski sedang libur. "Tim pelatih sudah menyusun program latihan fisik yang bisa dijalankan oleh pemain selama mereka libur. Program latihan fisik disusun per hari supaya memudahkan pemain mengikuti jadwal dan bisa tetap menjaga kondisi fisik mereka,” kata Pelatih Fisik Persita, Muchtar Hasibuan. Sejatinya, selama penyebaran virus Corona, seluruh pemain Persita telah mengikuti prosedur kesehatan yang sesuai. Ya, sebelum memulai kegiatan dan aktivitas bersama tim, seluruh pemain diwajibkan untuk menjalani cek suhu badan. Proses ini yang akan menentukan apakah seorang pemain bisa mengikuti aktivitas tim seperti latihan.

BACA JUGA: Update Covid-19 di Indonesia 20 Maret: 369 Kasus, 32 Meninggal

Disediakan pula cairan hand sanitizer dan masker untuk dikenakan pemain yang memiliki gejala atau indikasi batuk atau flu agar tidak menularkan ke pemain lainnya. Selain tindakan preventif tersebut, dokter tim Persita, Rahmandi Agung Santosa juga menyebut telah memberikan sejumlah anjuran bagi para pemain Persita guna mengantisipasi penyebaran virus yang berupusat dari Wuhan, China tersebut. "Saya melihat situasi kondisi saat ini dan untuk menjaga kesehatan para pemain agar melakukan social distancing terlebih dahulu, tapi tetap bisa melakukan latihan kebugaran dan kesehatan secara mandiri dengan porsi latihan yang sudah diberikan pelatih fisik," ujar Agung. "Perlunya perlindungan terhadap pemain, official, manajemen untuk waktu dekat ini sampai beberapa hari ke depan agar memutus penyebaran virus Covid-19 dan menjaga daya tahan tubuh semua keluarga besar tim Persita," sambungnya menandaskan. Sebagaimana diketahui, Persita Tangerang merupakan tim pomrosi di Liga 1 Indonesia musim 2020. Meski bertindak sebagai tim promosi penampilan Persita terbilang masih cukup baik hingga pekan ketiga kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut. Ya, kini Persita sempat menahan imbang 0-0 juara bertahan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada pekan pertam. Di pekan kedua, Persita juga menahan imbang tamunya PSM Makasar 1-1. Persita sendiri baru menelan kekalhan kala bertandang ke markas PS Tira Persikabo di pekan ketiga kemarin. Dimana ia menelan kekalahan 1-3. Kini tim berjuluk Pendekar Cisadane itu berada di posisi 14 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan koleksi dua poin dari tiga pertandingan yang sudah dijalaninnya musim 2020 ini. (gie/fin/tgr)

Sumber: