Liga 1 dan 2 Dihentikan

Liga 1 dan 2 Dihentikan

JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya mengambil keputusan berat. PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan 2 hingga waktu yang tidak ditentukan. Keputusan menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penyebaran virus Covid 19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan instruksi langsung melalui surat kepada PT Liga Indonesia Baru pada 18 Maret 2020 terkait penghentian kompetisi. Surat ini juga ditembuskan ke Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2. "Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan," kata Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB.

BACA JUGA: Barca Siapkan Opsi Potong Gaji

"Pencabutan atas penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI," tambahnya. Iriawan juga menginstruksikan PT LIB untuk menyusun langkah-langkah terkait situasi penghentian sementara kompetisi. "Menyusun kembali jadwal Shopee Liga 1 dan 2 dengan mempersiapkan hal-hal teknis serta administratif. Melakukan komunikasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal kompetisi. Membuat kajian manajemen keuangan di masing-masing klub dan LIB secara menyeluruh dalam kondisi terburuk," ungkap Iriawan. Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah memutuskan untuk menunda Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan mulai 16 Maret lalu. Shopee Liga 1 saat ini sudah memasuki pekan ketiga, sementara Liga 2 baru memulai kick off pekan pertama 14 Maret. Namun dengan bertambahnya korban dan belum adanya kepastian, dua kompetisi tersebut harus dihentikan. Terkait arahan dari Ketum PSSI tersebut, LIB bergerak cepat. Operator kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 tersebut segera melakukan kajian dan langsung bersurat kepada semua klub Liga 1 dan Liga 2.

BACA JUGA: Wawancara Dimuat di Facebook, Perdana Menteri Italia Terlihat Panik

Dalam surat yang dikirimkan ke klub per tanggal 21 Maret 2020 tersebut, LIB meminta kepada seluruh klub peserta Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 memberikan masukan terkait kelanjutan pelaksanaan kompetisi musim 2020. Masukan tersebut termasuk penentuan penjadwalan dan izin keamanan dengan mengacu kebijakan dan keadaan persebaran Covid-19 di daerah masing-masing. Masukan dari semua klub Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 tersebut, akan ditunggu LIB hingga 23 Maret 2020. “Pada prinsipnya kami berusaha untuk mencari solusi yang komprehensif. Mempertimbangkan banyak hal yang terkait dengan situasi saat ini. Selain arahan dari pemerintah dan Ketua Umum PSSI, kami juga meminta masukan dari klub terkait kondisi di wilayah masing-masing,” jelas Cucu Somantri, Direktur Utama PT LIB, kemarin. (fin/tgr)

Sumber: