LIB Minta Solusi ke Klub

LIB Minta Solusi ke Klub

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah sepakat untuk memberhentikan kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020. Penundaan kompetisi yang dimulai sejak Minggu (15/3) lalu rencananya berlangsung selama dua pekan itu menyusul semakin merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 yang kini tengah menjadi pandemik global. Akan tetapi, nampakanya penundaan kompetisi kasta teringgi dan kedua di Tanah Air itu bakal semakin lama, mengingat ketidakpastian kapan akan berakhirnya wabah virus yang berpusat di Wuhan, China tersebut. Apalagi, pada 18 Maret lalu atau dua hari setelah penundaan kompetisi berjalan, PSSI melalui ketua Umum, Mochamad Iriawan menyamapaika instruksi langsung melalui surat kepada PT Liga Indonesia Baru terkait penghentian kompetisi. Surat yang ditembuskan ke Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2 bernomoro 1038/UDN/606/III-2020 itu menjelaskan bahwa PSSI resmi menghentikan kompetisi hingga waktu yang tidak ditentukan.

BACA JUGA: Fadli Zon ke Jubir Fadjroel Rachman: Kerja ga Becus dan Amatiran

Keputusan tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penyebaran virus Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga. “Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan. Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” kata Mochamad Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB seperti keterangan tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Senin (23/3) kemarin. Menanggapi surat tersebut, LIB selaku operator kompetisi di Tanah Air itu langsung bergerak cepat dengan melakukan kajian dan langsung bersurat kepada semua klub Liga 1 dan Liga 2. Dalam surat yang dikirimkan ke klub per tanggal 21 Maret 2020 kemarin itu, LIB meminta kepada seluruh klub memberikan masukan terkait kelanjutan pelaksanaan kompetisi musim 2020.

BACA JUGA: Pemeran Wiro Sableng Abi Cancer Meninggal Dunia

Masukan yang diminta oleh PT LIB itu termasuk penentuan penjadwalan dan izin keamanan dengan mengacu kebijakan dan keadaan pandemik di daerah masing-masing. "Pada prinsipnya kami berusaha untuk mencari solusi yang komprehensif. Mempertimbangkan banyak hal yang terkait dengan situasi saat ini." ujar Direktur Utama PT LIB, Cucu Soemantri dalam keterangan tertulis yang diterima FIN, kemarin. "Selain arahan dari pemerintah dan Ketua Umum PSSI, kami juga meminta masukan dari klub terkait kondisi di wilayah masing-masing,” tambah pria yang juga menjabat sebagai wakil Ketua Umum PSSI tersebut. (fin/tgr)

Sumber: