Selamat Jalan, Bob Hasan

Selamat Jalan, Bob Hasan

JAKARTA - Kabar duka menyelimuti olahraga Tanah Air. Dimana, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Selasa (31/3) sekitar pukul 11.00 WIB. Pria bernama lengkap Mohammad Ahsan yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada kabinet Pembangunan VII itu tutup usia setelah melawan penyakit kanker dan paru-paru yang dideritanya. “Sudah beberapa waktu lali beliau (Bob Hasan, red) bertarung dengan penyakit kanker di beberapa bagian terutama di paur-paru. Di usianya yang cukup lanjut (umu 89 tahun), cukup berat perjuangan beliau,” ujar Sekjen PB PASI Tigor Tanjung saat dihubungi awak media, kemarin. Bagi Tigor, kepergian Bob Hasan menjadi kehilangan besar bagi olahraga Indonesia khususnya atletik karena hampir separuh hidupnya didedikasikan untuk memajukan olahraga yang mengandalkan kecepatan lari tersebut. Apalagi, Bob Hasan bisa dikatakan merupakan ‘Bapak Atletik Indonesia’ sebab kurang lebih hampir 40 tahun sejak 1976 dirinya mengambi menjadi Ketua Umum PB PASI. Tak ayal, pada kepemimpinnanya telah melahirkan sejumlah atlet yang memang diperhitungkan oleh dunia.

BACA JUGA: Karantina, Pertimbangkan Anggaran dan Logistik

Sebut saja nama-nama seperti Suryo Agung Wibowo, Triyaningsih, Maria Londa, hingga Lalu Muhammad Zohri. Nama terakhir ini menjadi perbincangan hangat terutama saat meraih medali emas di nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Asia Junior 2018. Selama menjadi pemimpin PB PASI, Bob Hasan seringkali mengeluarkan dana pribadinya untuk keperluan PB PASI atau atlet yang minim perhatian dari pemerintah. Bahkan setiap tahunnya, pengusaha ternama ini sampai mengeluarkan dana pribadinya miliaran rupiah untuk mebiayai PB PASI. "Tentunya sangat terpukul yah, jadi saya belum bisa memberikan banyak komentar, yang pasti kita sangat kehilangan beliau. Saya juga pribadi sudah cukup lama mendampingi beliau,” ujar Tigor. Dedikasi yang sangat luar biasa Bob Hasan juga diakui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Menurut menteri asal Gorontalo itu, diusia Bob Hasan yang sudah sepuh, ia tetap loyal untuk kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabor atletik. “Innalillahi wa innailaihi rojiun, tentu saya sangatlah berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Mohammad Bob Hasan. Jasa beliau sangat luar biasa untuk olahraga Indonesia khususnya cabor atletik,” ujar Zainudin. “Kesan saya ketika bertemu beliau pada hari ketiga saya menjabat Menpora, beliau merupakan orang hebat, karena sudah seusia yang sepuh seperti itu, beliau masih mau tiap hari di lapangan Stadion Madya Senayan menemani pelatih, atlet dan pengurus cabor. Kalau bukan panggilan jiwa beliau dan dedikasi yang luar biasa untuk olahraga tidak mungkin beliau ada di lapangan,” tambahnya menjelaskan. Zainudin juga mengakui ahwa meninggalnya Bob Hasan menjadi kehilangan besar bagi olahraga di Tanah Air. “Saya dan tentu seluruh masyarakat di tanah air khususnya seluruh stakeholder olahraga pasti merasakan kesedihan yang mendalam dan kehilangan atas kepergian beliau menghadap keharibaan sang penciptanya. Selamat jalan Pak Bob Hasan, semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikannya & Almarhum husnul khotimah,” tuntasnya.

BACA JUGA: Bawaslu Catat Pelanggaran Pilkada 2020

Hal serupa juga diungkapkan Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari yang mengatakan meninggalnya Bob Hasan menjadi sebuah kehilangan yang besar bagi dunia olahraga Indonesia. "Dunia olahraga Indonesia telah kehilangan tokoh yang dedikasinya sangat tinggi dalam mengangkat olahraga Indonesia," tegas pria yang akrab disapa Okto tersebut. Sementara itu Ketua Umum Komite Olahraga Nasional indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengharapkan pengurus PB PASI bisa melanjutkan dan mewujudkan cita-cita Bob Hasan dalam menata organisasi serta program pembinaan atlet untuk meraih prestasi dunia. “Kita semua kehilangan Pak Bob Hasan. Semoga almarhum husnul khatimah dan pengurus serta atlet PASI dapat mewujudkan cita-cita almarhum dengan menata organisasi dan program pembinaan yang baik untuk mengantar atlit PASI meraih prestasi dunia," tutur Marciano. Tak bisa dipungkiri, Marciano juga mengungkapkan bahwa Bob Hasan merupakan pria yang memiliki dedikasi tinggi terhadap olahraga Tanah Air khususnya atletik. Oleh sebab itu, ia kembali menegaskan agar kepengurusan PB PASI bisa meneruskan apa yang telah dicita-citakan oleh Bob Hasan. “Almarhum adalah Tokoh Olahraga Nasional yang memiliki dedikasi dan semangat luar biasa membina atletik Indonesia dengan sabar mencurahkan tenaga, pikiran, dana, dan perhatiannya untuk membina dan meningkatkan prestasi Atletik Indonesia," jelasnya. Bob Hasan rencananyanya akan dimakamkan di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (1/4) hari ini. Namun pada Selasa (31/3) kemarin, almarhum lebih dulu disemayamkan di rumah duka di Jalan Sanjaya 1 No. 94, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (gie/fin/tgr)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: