ASDP Luncurkan Layanan Tiket Online, Ferizy

ASDP Luncurkan Layanan Tiket Online, Ferizy

JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan layanan pembelian tiket ferry berbasis online, Ferizy di Terminal Eksekutif Merak, Banten, pada Sabtu (25/7). Erick mengatakan, aplikasi Ferizy merupakan bagian dari program digitalisasi Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) yang diharapkan bisa merubah culture pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket secara online. “BUMN selaku penyedia jasa wajib memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai bagian dari world class service. ASDP salah satunya yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern melalui digitalisasi pembelian tiket secara elektronik dengan aplikasi Ferizy,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya. Erick Thohir, memberikan apresiasi kepada ASDP yang telah melakukan banyak inovasi untuk mempermudah para pengguna jasa penyeberangan. Diharapkan dengan diluncurkan Ferizy, bisa mempermudah dan memaksimalkan integrasi daripada pelayanan publik ini. "In syaa Allah dengan niat yang baik ini bisa terlaksana dengan aman, lancar dan tidak ada hambatan selama aplikasi ini di gunakan," ucap Erick Erick juga mengimbau agar calon penumpang menggunakan angkutan penyeberangan, wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah seperti gunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Karena dengan mematuhi protokol kesehatan berarti sudah dapat memutus rantai penyebaran COVID-19. "Melawan COVID-19 ini untuk kesadaran yang harus dibangun kepada diri kita sendiri dan masyarakat itu sendiri kalau masyarakatnya sayang kepada keluarganya, sayang kepada yang ada di rumah sudah seyogyanya yang namanya protokol COVID-19 harus diutamakan tidak ada lagi istilah nya harus di ancam ancam pakai masker didenda baru pakai masker," katanya Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, peningkatan layanan melalui digitalisasi harus ditingkatkan demi kenyamanan pengguna jasa transportasi publik. Menhub menyambut baik adanya peningkatan layanan yang dilakukan ASDP melalui penyediaan layanan pembelian tiket kapal secara online. Hal ini juga diharapkan bisa mengurangi antrian panjang saat musim-musim mudik di hari-hari besar “Apa yang sudah kita nantikan bersama dalam rangka meningkatkan layanan angkutan penyeberangan akhirnya bisa diwujudkan. Dengan pembelian tiket secara online, masyarakat kini bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. PT ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari,” jelas Menhub. Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio mengatakan, pemerintah menargetkan untuk shifting dari target kuantitas ke kualitas wisatawan. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan untuk dapat mendukung target tersebut adalah peningkatan pelayanan. Kata dia, kehadiran Ferizy menjadi bagian dari peningkatan pelayanan bagi wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dalam mobilitas antarpulau di Indonesia. Terlebih di era industri 4.0 saat ini yang juga semakin terdorong oleh pandemi dimana disrupsi digital lebih cepat dari yang seharusnya terjadi. "Prefensi produk dan layanan wisatawan ke depan akibat pandemi akan lebih mengutamakan higienitas. Kehadiran Ferizy akan meminimalisir kontak sehingga akan membuat wisatawan merasa lebih aman dan nyaman," kata Wishnutama. Sementara Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, layanan tiket online Ferizy merupakan salah satu transformasi digitalisasi yang dilakukan ASDP sebagai wujud peningkatan layanan BUMN yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Website dan aplikasi Ferizy yang dibuat ASDP bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, menjadi salah satu milestone perusahaan pada tahun 2020 ini. "Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat, yang semakin familiar dengan layanan Ferizy yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat membeli tiket ferry. Simpel, tidak perlu antre di pelabuhan, dan manifest penumpang lebih terjamin. Dalam dua tahun terakhir ini, ASDP mewujudkan upaya modernisasi layanan penyeberangan menjadi lebih baik lagi," ujar Ira Puspadewi. Ferizy merupakan layanan tiket berbasis online yang dapat diakses oleh pengguna jasa melalui website www.ferizy.com atau aplikasi di ponsel. Layanan ini telah diterapkan mulai 1 Mei 2020 di 4 pelabuhan utama ASDP, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. (dal/fin)  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: