Tak Perlu Keluar Rumah, Pandawa Siap Membantu Pelayanan Administrasi JKN-KIS

Tak Perlu Keluar Rumah, Pandawa Siap Membantu Pelayanan Administrasi JKN-KIS

TIGARAKSA – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia belum berakhir, namun sebagian masyarakat harus tetap menjalankan aktivitas di luar rumah. Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah mewajibkan masyarakat umtuk menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Sebagai pemberi layanan publik, BPJS Kesehatan juga harus menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan fungsinya. Alur pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang diatur sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu upaya untuk mengurangi terjadinya kerumunan dengan mengubah tampilan alur pelayanan di kantor cabang “Sebelum memasuki kawasan kantor cabang, petugas BPJS Kesehatan akan melakukan pengukuran suhu tubuh peserta/calon peserta JKN-KIS yang tentunya wajib menggunakan masker dan jika memenuhi kriteria, dilanjutkan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang disediakan. Kami juga mengatur posisi berdiri peserta/calon peserta JKN-KIS yang sedang menunggu untuk mendapatkan pelayanan,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Nunki Malahayati T. saat ditemui di kantornya, Selasa (11/11). Mengubah tampilan alur pelayanan di kantor cabang ternyata tidak cukup untuk mengurangi kerumunan di kantor cabang. BPJS Kesehatan pun melakukan terobosan untuk membatasi pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang tanpa melalui tatap muka dengan memanfaatkan teknologi. “Di masa pandemi ini kami dituntut untuk melakukan adaptasi maupun kebiasaan baru. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, kami membuka kanal pelayanan administrasi kepesertaan melalui aplikasi WhatsApp. Masyarakat di wilayah kerja kantor cabang, dapat menghubungi nomor yang berbeda-beda di tiap kantor cabang,” tutur Nunki. Terobosan ini dinamakan Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp). Ada 9 pelayanan yang dapat dilayani melalui Pandawa. Peserta/Calon Peserta dapat mengirimkan format dengan memasukkan kode layanan yang diinginkan. Untuk Kantor Cabang Tigaraksa, nomor WhatsApp yang dapat dihubungi adalah 081210292667. “Efek adanya Pandawa ini sangat signifikan. Jumlah pelayanan tatap muka menjadi sangat berkurang dan sejalan juga dengan jumlah kerumunan turut berkurang. Tentunya kendala dalam penerapan Pandawa ini ada karena sebaik apapun suatu sistem pasti akan ada evaluasi. Kami akan berusaha untuk mengatasi kendala-kendala tersebut,” ujar Nunki. Saat ini Pandawa sudah terintegrasi dengan CHIKA. CHIKA adalah mesin yang bisa diakses oleh masyarakat melalui WhatsApp dengan nomor 08118750400. CHIKA akan memberikan opsi layanan apa saja yang ingin diakses masyarakat. Selanjutnya, untuk Layanan Administrasi akan diberikan pilihan tambahan kantor cabang. Nantinya layanan administrasi ini akan diteruskan kepada kantor cabang pilihan. Kemudian, masyarakat akan berkomunikasi dengan administrator di masing-masing kantor cabang pilihan. Heru (49) merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang sudah memanfaatkan Pandawa. Ia mengatakan terobosan BPJS Kesehatan ini sangat membantunya karena ia tidak perlu ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan administrasi. Cukup dalam genggaman, ia sudah mendapatkan hal yang diinginkan. “Petugas administrasi Pandawa juga sangat responsif. Tidak perlu antre dan berada di kerumunan, apalagi dalam kondisi seperti ini, saya sudah berhasil melakukan reaktivasi kepesertaan saya. Saya hanya diminta melengkapi berkas-berkas dan cukup dikirimkan melalui WhatsApp. Saya acungi jempol untuk terobosan  dari BPJS Kesehatan ini,” kata Heru. (Adv/Mul/Fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: