Belgia 2-0 Inggris: Tiga Singa Ompong

Belgia 2-0 Inggris: Tiga Singa Ompong

LEUVEN - Harapan Inggris untuk melaju ke semifinal Nations League pupus. Berhadapan dengan Belgia, pasukan the Three Lions bak macan ompong. Harry Kane dan kawan-kawan takluk 2-0 dalam lanjutan babak grup A2 di Den Dreef Stadium, Senin (16/11) dini hari WIB. Skuat arahan Gareth Southgate itu harus angkat koper setelah menjalani lima laga di ajang Nations League musim 2020/21. Meski secara statistik, The Three Lions jauh lebih agresif dalam menyerang. Meski demikian, Chief football writer BBC Sport, Phil McNulty menilai statistik yang bagus tak didukung kreativitas tim. Pelatih Inggris Gareth Southgate, gagal menghadirkan sebuah kreatifitas di lini serang yang tumpul itu.

BACA JUGA: Gegara FPI dan HRS, Ferdinand Desak Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Dinonaktifkan

“Lagi-lagi Southgate menggunakan sistem lima permain bertahan, dan formasi ini berdampak terhadap irama permainan selain juga kreatifitas mereka. Dari sekian banyak possession yang mereka miliki, Inggris bahkan tidak mampu memaksa Thibaut Curtois untuk bekerja keras,” kata McNulty dikutip BBC, Senin (16/11). Dia juga menekankan absennya duo Sterling dan Rashford bukanlah sebuah alasan bagi Inggris untuk takluk di Leuven. Meski tersingkir dari Nations League, Gareth Southgate mengaku puas dengan apa yang dipertontonkan tim asuhannya di King Power Stadion At Den Dreef. “Saya pikir kami sudah bermain dengan sangat baik. Segala pujian untuk para pemain. (Tapi harus diakui) tanpa Raheem Sterling dan Marcus Rashford, kami kalah dalam soal kecepatan. Namun saya tidak bisa menyalahkan kualitas serangan kami,” jelas Gareth Southgate, mengutip BBC.

BACA JUGA: Buntut Acara HRS, Polri Selidiki Dugaan Pidana UU Kekarantinaan Kesehatan

Dalam 90 menit laga yang dihelat di Den Dreef Stadium, Belgia, pasukan Tiga Macan mampu mencatat 16 serangan ke gawang Belgia. Sementara, tuan rumah hanya tercatat melancarkan setengah dari apa yang dihasilkan tim tamu. Meski banyak serangan, namun lini serang Inggris begitu kesulitan membobol gawang yang dikawal Thiaut Curtois. Bayangkan, dari 16 serangan yang mereka bangun hanya tiga yang mampu mengarah ke gawang, dan tidak satupun dari itu, yang mampu memberi ancaman serius pada kiper Real Madrid itu. Inggris yang main bak singa ompong itu, bahkan harus kebobolan saat laga baru berjalan 10 menit. Tendangan keras Youri Tielemans dari luar kotak penalti, yang sempat menyentuh kaki pemain Aston Villa, Tyrone Mings, terlalu deras menuju gawang Jordan Pickford. Kiper 26 tahun itu dipaksa untuk memungut bola dari gawangnya sendiri. Timnas Ingggris yang bermain tanpa Raheem Sterling dan Marcus Rashford itu, bahkan harus kembali menelan pil pahit. Karena hanya tiga belas menit berselang, Belgium kembali menggetarkan gawang Pickford yang frustasi dibuat sang lawan. Kali ini lewat tendangan bebas Dries Mertens, yang diarahkan ke sisi kanan gawang Inggris. Pickford yang juga penjaga gawang Everton itu kembali dipermalukan. Susunan Pemain Belgia XI: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen (c); Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Romelu Lukaku. Kevin De Bruyne. Inggris XI: Jordan Pickford; Kyle Walker, Eric Dier, Tyrone Mings; Kieran Trippier, Declan Rice, Jordan Henderson, Ben Chilwell; Mason Mount, Harry Kane (c), Jack Grealish.(ruf/gw/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: