News

Motor Listrik Difavoritkan Berkembang di Indonesia Dibanding Roda Empat

fin.co.id - 27/11/2020, 09:42 WIB

JAKARTA - Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyatakan sepeda motor bertenaga listrik memiliki peluang lebih dulu berkembang di Indonesia dibanding mobil listrik.

"Sepeda motor listrik sudah ada 15 perusahaan (data Kemenperin) artinya paling realistis sepeda motor," ujar Peneliti Senior LPEM FEB UI Riyanto dalam video conference, Kamis (26/11).

Saat ini, kata dia, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah memiliki roadmap untuk memulai memproduksi baterai kandungan lokal sebanyak 40 persen serta ditargetkan dimulai pada 2023 mendatang.

"Sekarang kan targetnya sampai 2023, 40 persen harus kandungan lokal dan harus ada produksi di Indonesia, sehingga ada nilai tambah untuk komponen Indonesia" katanya.

Riyanto menambahkan, kendaraan-kendaraan listrik yang sudah banyak beredar di Indonesia ini harus juga adanya dorongan dari mitra seperti perusahaan ojek online, dan juga taksi untuk segera mengkonversi kendaraan mereka.

"Kalau untuk motor, produsennya sudah banyak ada Viar, Gesit dan sebagainya. Sebenarnya, sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan juga perlu adanya didorong dari perusahaan ojek online seperti Gojek, Grab, Taksi Bluebird dan taksi yang lain. kalau bisa armadanya dikonversi segera," imbuhnya. (riz/fin)

Admin
Penulis
-->