90 Persen TPS Patuhi Prokes

90 Persen TPS Patuhi Prokes

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyebut tingkat kepatuhan tempat pemungutan suara (TPS) menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pemilih dalam menerapkan protokol kesehatan selama pemilihan kepala daerah (pilkada) mencapai 90 persen. "Sudah ada 6.200 TPS data yang masuk ke Satgas dari seluruh daerah yang melaksanakan pemantauan di 180 kabupaten/kota di 28 provinsi," kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (9/12).

BACA JUGA: UEFA Turun Tangan Usut Dugaan Tindakan Rasial Wasit Rumania

Ia mengatakan untuk memantau tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan selama pilkada, Satgas COVID-19 menggunakan aplikasi berupa sistem monitoring perubahan perilaku. Sistem ini dapat melihat secara langsung tingkat kepatuhan. Baik masyarakat sebagai pemilih maupun TPS sebagai tempat pelaksanaan pilkada. Dari pemantauan terhadap 6.200 TPS di 180 kabupaten/kota dan 28 provinsi yang dilihat langsung dari sistem monitoring pada Rabu (9/12), Satgas menemukan angka rata-rata di atas 85 persen untuk tingkat kepatuhan TPS dalam menyediakan sarana dan prasarana bagi penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Meski Unggul Jauh, Tim Gibran-Teguh Akui Perolehan Suara di Bawah Target

Dewi menambahkanbahwa TPS yang menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir jumlahnya mencapai 90 persen. Sementara 10 persen lainnya belum menyediakan. "Sedangkan TPS yang menyediakan sabun penyanitasi tangan bagi pemilih persentasenya sudah lebih dari 90 persen," imbuhnya. Terkait upaya TPS untuk mensosialisasi aturan protokol dengan spanduk, poster ataupun dengan pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap protokol 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak), persentasenya masih berjalan di angka 78 persen dari total TPS yang dipantau. Selanjutnya terdapat 90 persen TPS yang menyediakan alat pengukur suhu tubuh. Sekitar 78 persen petugas yang dikerahkan untuk mengingatkan masyarakat tentang perlunya menerapkan protokol 3M. Adapun TPS yang melakukan penyemprotan disinfektan untuk membersihkan tempat pemilihan angkanya sekitar 77 persen.(rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: