News

Buntut Pancasila Wakanda, NasDem Cabut Kartu Anggota Rahma Sarita

fin.co.id - 18/12/2020, 13:18 WIB

JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menarik kartu keanggotaan Rahma Sarita.

Sarita sebelumnya disorot karena unggahannya soal 'Pancasila Wakanda' di media sosial.

"Keputusan partai, telah memanggil Ibu Rahma untuk dikonfirmasikan kepada beliau bahwa kartu anggota di tangannya tarik kembali oleh partai," kata Ketua DPP NasDem Teuku Taufiqulhadi kepada wartawan, Jumat (18/12).

Ia mengatakan, pemanggilan Sarita oleh Partai NasDem dilatarbelakangi oleh unggahan Pancasila Wakanda.

Sebelumnya, Sarita juga diberhentikan dari posisi staf ahli Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat akibat mengunggah 'Pancasila versi Wakanda'.

Pemberhentian tersebut diketahui berdasarkan beredarnya surat berkop MPR mengenai pemberhentian Sarita dari jabatannya.

Surat pemberhentian itu tertuang dalam nomor 033/LM/MPRRI/XII/2020 perihal Pemberhentian Tenaga Ahli Pimpinan.

Lestari, pada 13 Desember 2020, menandatangani langsung surat tersebut dan ditembuskan kepada Pimpinan Fraksi Partai NasDem MPR 2019-2024.

"Terkait beredarnya surat pemberhentian staf tenaga ahli Rahma Sarita di media sosial, adalah benar bahwa surat tersebut ditujukan internal kepada Sekretariat Jenderal MPR sebagai hak anggota DPR/Pimpinan MPR untuk memilih dan mengganti alat penunjang kinerja anggota seperti staf khusus maupun staf tenaga ahli," kata Lestari saat dikonfirmasi, Kamis (17/12).

Adapun Sarita dalam penjelasannya mengaku hanya menyapiakan kritik alih-alih menghina Pancasila.

"Maksudnya bukan penghinaan isi dari sila itu sendiri, bukan penghinaan. Isi dari sila-sila itu sebenernya adalah fakta yang terjadi. Jadi kritik sih sebenarnya. Tapi saya kira sih sebenarnya kalau bacanya lebih, lebih ini ya, nggak tendensius," ujar Sarita saat dihubungi, Kamis (17/12). (riz/fin)

Admin
Penulis
-->