Everton vs Man City: Adu Genius

Everton vs Man City: Adu Genius

LIVERPOOL - Manchester City dan Everton turun ke gelanggang di Goodison Park, dini hari nanti. Duel melelahkan dan perang taktik dua pelatih jenius. Tak ada waktu bersantai bagi kedua klub pasca boxing day. Kurang dari 48 jam setelah pertarungan melelahkan untuk mengamankan tiga poin, kedua klub sudah harus terlibat bentrok di pekan ke-16 Premier League. Dengan jadwal yang begitu mepet, fisik pemain kedua kubu akan diuji. Dan tidak kalah menentukan adalah bagaimana kedua juru taktik akan mengatur strategi masing-masing. Termasuk menyusun ulang starting eleven mereka.

BACA JUGA: 2020 Diwarnai Tindakan Represif Aparat yang Mengerikan, PKS Minta Pemerintah Serius Melihat Kondisi HAM

Rotasi jelas sebuah keniscayaan. Hanya berjeda dua hari dari pertandingan berat boxing day, hampir mustahil untuk menurunkan komposisi pemain yang sepenuhnya sama di pertandingan ini. Khususnya bagi pemain yang bermain 90 menit. Melihat pemain yang ia turunkan saat menang 2-0 atas Newcastle United, Manajer Manchester City, Pep Guardiola sepertinya sangat siap untuk duel besar ini. Fernandinho, Phil Foden, dan Sergio Aguero baru ia turunkan di paruh kedua. Sementara, nama-nama seperti Oleksandr Zinchenko, Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, dan Benjamin Mendy sudah tidak dimainkan. Hampir dipastikan kalau separuh dari pemain ini akan turun sebagai starter menghadapi Everton yang kemarin mengalahkan Sheffield dan naik ke posisi kedua.

BACA JUGA: Jokowi Harap Lilin Kecil dalam Hati Umat Kristiani Terangi Harapan untuk Pulih dari Pandemi

Walau demikian, Guardiola menggaransi seluruh pemainnya siap tempur. "Kami tidak bisa berpikir banyak, jadwalnya adalah pertandingan setiap tiga hari. Para pemain berkomitmen dan fokus. Dalam 45 jam kami memiliki pertandingan lain di Goodison Park," kata Guardiola kepada BBC Sport. "Besok (hari ini) para pemain harus beregenerasi dan bersiap dalam satu hari. Pandemi ini menempatkan kami dalam situasi ekstrim, tapi begitulah, Inggris menyukainya jadi kami menerimanya," lanjutnya.

BACA JUGA: Verrell Bramasta Unggah Foto Telanjang Dada, Netizen pun Langsung Berharap

The Citizens hingga malam tadi berada di peringkat kelima klasemen. Menurut Pep, mereka masih jauh dari tim pemuncak klasemen, namun pelatih Spanyol itu optimis timnya yang mengoleksi poin 26 bisa terus mengejar ketertinggalan. "Kami masih jauh dari puncak, pekan lalu kami berada di urutan 10 dalam klasemen, musim naik dan turun. Ada hasil yang aneh untuk semua orang, musim ini Anda harus tenang di saat-saat baik dan buruk," tegasnya.

BACA JUGA: Dukung Kebutuhan Sanitasi dan Air Bersih, Kementerian PUPR Kembangkan Kereta MCK

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan mungkin menjadi salah satu pemain yang akan diistirahatkan Guardiola. Namun, pemain Jerman itu mengaku siap jika tenaganya dibutuhkan. "Dalam waktu kurang dari 48 jam kami bertanding lagi. Saya mendapat beberapa tendangan di kaki saya tetapi saya baik-baik saja," ujarnya. Carlo Ancelotti selaku manajer Everton juga siap menyambut duel besar ini. Saat mengalahkan Sheffield United, Anthony Gordon, Michael Keane, dan Tom Davis dimainkan bergantian dengan dengan Bernard, Seamus Coleman, serta Andre Gomes. Akan tetapi, Ancelotti tampaknya harus berpikir lebih keras dibandingkan Guardiola sebab Lucas Digne, Fabian Delph, dan Allan sepertinya masih cedera. Allenatore Italia itu juga masih harus menunggu perkembangan Richarlison dan James Rodríguez yang tidak ada dalam daftar line up boxing day. "Kami memiliki masalah saat ini dengan banyaknya pemain yang keluar (cedera), tetapi tim ini memiliki banyak semangat dan ini bagus. Saya sangat senang mengelola para pemain ini," katanya dikutip dari BBC Live. Ia sendiri senang timnya kembali menunjukkan konsistensi dengan memenangi empat laga Premier League terakhir. "Kami sangat senang berada di urutan kedua. Kami tidak menyangka hal itu pada awal musim tetapi kami ada di sana dan kami ingin bertahan di sana," tegas eks pelatih Real Madrid tersebut. Gylfi Sigurdsson yang jadi pahlawan kemenangan di markas Sheffield menambahkan, mereka harus bisa mempertahankan tren positif dengan mengalahkan City. "Ini masih awal, banyak hal berubah sangat cepat di liga ini. Kami memiliki awal yang fantastis dan kemudian mengalami penurunan. Tetapi kami bangkit sekarang. Semoga kami bisa melanjutkan hingga Januari," kuncinya. (amr/*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: