Santos: Rekor Pele Belum Dipecahkan Messi

Santos: Rekor Pele Belum Dipecahkan Messi

SANTOS - Usai menciptakan satu gol ke gawang Real Valladolid sepekan lalu, Lionel Messi resmi memecahkan rekor milik legenda Brazil, Pele. Dengan koleksi 644 golnya bersama Barcelona, maka pemain Argentina itu, unggul atas Pele dengan gol 643 bersama Santos. Namun, rupanya manajemen Santos, mengatakan rekor milik Pele itu pada dasarnya belum benar-benar terpatahkan. Klub bernama lengkap Santos Futebol Clube itu, menyebut tidak seluruh gol yang dicetak Pele tercatat secara rapi. Dan bahwa setidaknya terdapat sekitar 1.091 gol yang pernah dicatatkan pele untuk Santos. Hanya saja, untuk 448 gol yang dicetak di ajang friendlies, memang tidak dimasukan dalam statistik sang pemain.

BACA JUGA: Soal Kasus HRS-Firza, Cendekiawan NU: Harusnya Penyebar yang Dibidik, Pelaku Justru Korban

“(448 gol di ajang friendlies itu) di cetak saat dirinya mengenakan seragam resmi (Santos). Seluruh pertandingan dimainkan sesuai dengan aturan yang berlaku dan melibatkan score sheet,” kata pihak Santos dalam sebuah pernyataan yang ditulis Association of Researchers and Historians of Santos FC, seperti dikutip BBC Sport, Selasa (29/12). “Jumlah yang disebut adalah benar adanya. Gol yang dicetak ke gawang Eibar secara statistik sama dengan yang dicetak ke gawang Valencia. Gol yang dicetaknya ke gawang Transvaal (klub Suriname) sama nilainya dengan yang dicetak ke Real Madrid,” bunyi sambungan isi pernyataan itu.

BACA JUGA: Gus Mis Siap Gantikan Menag Debat Populisme Islam dengan Fadli Zon: Gelar di UIN Jakarta

Selain ke gawang Real Madrid, gol-gol laga persahabatan yang dicetak rival Maradona itu, juga didapatnya dari beberapa klub raksasa Eropa dan Amerika Latin. Sebut saja Inter Milan dan Barcelona, juga Boca Juniors dan Rivel Plate adalah beberapa klun raksasa yang pernah menjadi korban kehebatan seorang Pele. Sebelum bantahan Santos ini mengemuka, Pele seorang diri telah mengucapkan selamat kepada Messi lewat postingan di media. Tidak ketinggalan pula legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker yang kini berprofesi sebagai pengamat sepak bola. Menurut rekor yang diciptakan La Pulga sepertinya dan mungkin, tidak akan pernah bisa dipatahkan pesepak bola manapun. Dan dengan raihan gol Messi untuk Blaugrana, yang masih akan terus bertambah, mematahkan rekor yang belum diketahui kapan akan berakhir itu, adalah hal mustahil untuk dilakukan.(ruf/gw/fin)

Sumber: