Liburan Hemat Bersama Keluarga, Ini Tipsnya

Liburan Hemat Bersama Keluarga, Ini Tipsnya

  JAKARTA - Apakah Anda berencana untuk berlibur bersama keluarga pada waktu mendatang? Mulailah menyusun itinerary yang sesuai dengan kebutuhan sejak sekarang. Persiapan yang matang akan membuat perjalanan wisata menjadi lebih mulus. Anda pun akan dapat menikmati momen liburan dengan lebih tenang. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan adalah transportasi menuju bandara. Anda dapat memesan taxi Blue Bird ke Bandara supaya lebih praktis. Selain itu, persiapan dana liburan juga tak kalah penting. Nah, untuk menghemat biaya yang akan dikeluarkan, simak beberapa tips yang berhasil Fin.co.id susun berikut.  

1.     Survei Destinasi Wisata

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan survei lokasi yang akan menjadi destinasi wisata. Jika ingin berlibur ke Bandung, misalnya, ketahui berbagai hal menarik seputar kota itu sebelum tiba. Anda dapat mencari informasi di internet atau orang-orang yang pernah berlibur ke Bandung. Hal-hal yang perlu disurvei antara lain harga makanan di tempat yang akan dituju, tarif rata-rata penginapan, biaya transportasi umum di daerah tersebut, dan sebagainya. Dari hasil survei, Anda akan mengetahui lebih banyak informasi sehingga bisa menentukan pilihan yang lebih hemat.

2.     Pesan Tiket Lebih Awal

Sebagian orang tidak berani memesan tiket atau kamar penginapan jauh sebelum tanggal keberangkatan karena khawatir jadwal berubah secara mendadak. Padahal, ada fitur reschedule yang biasanya disediakan oleh penyedia jasa. Dengan fitur ini, pemesan bisa mengubah jadwal tiket pesawat atau kamar sesuai dengan keinginan. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan Anda telah mengatur waktu luang dengan cermat. Sebagai pekerja, izin untuk cuti harus telah dikantongi sebelum memutuskan untuk berlibur. Keuntungan membeli tiket atau memesan kamar sejak awal adalah berkesempatan mendapatkan harga promo yang lebih murah.

3.     Hindari Musim Liburan

Jika ingin menghemat pengeluaran, hindari bepergian ke daerah wisata saat musim liburan. Pada musim liburan (high season), harga tiket dan tarif kamar biasanya dibanderol lebih mahal. Anda dapat menghindari hal ini dengan memilih untuk berwisata sebelum atau setelah musim liburan (low season). Selain lebih hemat biaya, bepergian ke tempat wisata pada low season akan lebih menyenangkan. Destinasi wisata biasanya sepi sehingga Anda pun bebas dan leluasa untuk menikmati suasana. Berlibur bersama keluarga pun akan lebih tenang karena tidak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang.

4.     Buat Rancangan Pengeluaran

Agar pengeluaran liburan lebih terkontrol, Anda perlu membuat rencana pengeluaran terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu. Rancangan pengeluaran tersebut harus disesuaikan dengan dana liburan yang dimiliki serta itinerary perjalanan yang telah disusun. Dalam rancangan tersebut perlu tercantum biaya masuk tempat wisata, biaya transportasi, biaya akomodasi (hotel), biaya makan, biaya lain-lain seperti jajan dan oleh-oleh, serta biaya tidak terduga. Tentukan batas maksimal anggaran yang bisa dipakai dan sebisa mungkin ikuti rancangan tersebut.

5.     Bawa Barang Keperluan Pribadi

Saat akan berlibur dengan keluarga, pastikan Anda telah mempersiapkan dan membawa barang-barang keperluan pribadi. Apalagi jika menginap selama beberapa hari, persiapan tentu harus lebih lengkap. Jangan sampai karena tidak membawa barang kebutuhan, Anda membelinya dengan harga yang lebih mahal. Membawa “bekal” pun bisa menjadi salah satu strategi untuk menghemat pengeluaran. Sebagai contoh, bekal camilan untuk anak-anak atau pun keperluan lain yang sekiranya dibutuhkan saat liburan. Namun, jangan lupa untuk memastikan barang tersebut bisa dibawa dengan mudah di tas atau koper.

6.     Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Kebiasaan sepulang liburan adalah membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah atau kenalan di tempat asal. Padahal harga benda atau makanan yang dijual di tempat wisata biasanya tidak terlalu murah. Anda bisa menyiasatinya dengan mencari tempat oleh-oleh yang menawarkan harga lebih miring. Selain itu, berikan oleh-oleh liburan kepada orang-orang terdekat saja. Tidak perlu membeli oleh-oleh benda atau makanan yang berharga mahal. Bahkan, jika biaya liburan serba terbatas, mencoret bujet untuk membeli oleh-oleh bisa dilakukan.

7.     Wisata Kuliner Sederhana

Jika Anda ingin berlibur dengan hemat, jangan tergoda untuk berwisata kuliner di restoran mahal. Hal ini dapat membuat bujet liburan terkuras dengan cepat. Pilihlah warung tenda atau tempat makan yang murah, tetapi merupakan makanan khas daerah tersebut. Wisata kuliner sederhana seperti ini tidak akan mengurangi pengalaman liburan Anda. Bahkan, banyak di antaranya merupakan tempat populer dengan menu-menu yang tidak kalah lezat.

8.     Utamakan Kenyamanan

Hal yang paling diutamakan ketika berlibur bersama keluarga adalah kenyamanan. Apalagi jika Anda mengajak anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih banyak saat dalam perjalanan. Karena itu, ketika berlibur ke luar daerah atau ke luar pulau, sebaiknya pilihlah sarana transportasi udara. Supaya praktis, Anda bisa pesan tiket pesawat di sini. Meskipun mengutamakan kenyamanan, tidak berarti Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Dengan berbagai cara, biaya tersebut dapat ditekan, misalnya dengan membeli tiket dengan harga promo. Selain itu, kenyamanan yang dinikmati akan membuat momen liburan lebih sempurna. Nah, inilah beberapa tips yang perlu dilakukan guna menghemat biaya liburan bersama dengan keluarga. Mudah diterapkan, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Jangan lewatkan juga promo spesial 12.12 dari Traveloka, Anda bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Terbang hemat di Indonesia dengan diskon hingga 600 ribu! Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

Sumber: