Bibit Vaksin Merah Putih Diserahkan ke Biofarma Akhir Maret

Bibit Vaksin Merah Putih Diserahkan ke Biofarma Akhir Maret

JAKARTA - Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio mengatakan, bahwa Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman akan menyerahkan bibit vaksin Merah Putih ke PT Biofarma pada akhir Maret 2021. Dapat disampaikan, Biofarma merupakan mitra yang akan menguji serta memproduksi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri tersebut. "Batch pertama bibit vaksin akan diserahkan akhir Maret 2021," kata Amin di Jakarta, Senin (15/3/2021).

BACA JUGA: KPK Usut Perintah Edhy Prabowo ke Antam Novambar Soal Uang Rp52,3 M

Amin menyatakan, bahwa pengembangan bibit vaksin Merah Putih berjalan sesuai rencana. Bibit vaksin juga bisa diserahkan kepada PT Biofarma sesuai jadwal yang direncanakan. Eijkman mengembangkan vaksin Merah Putih dengan platform sub-unit protein rekombinan. "Saat ini protein rekombinan sudah diperoleh dan sedang dalam proses transisi dari laboratorium ke industri," kata Amin.

BACA JUGA: Blusukan ke Warung Kopi, Warga tak Kenal Anies Baswedan: Wajah Bapak Mirip Pak Anies

Amin menjelaskan, sebelum digunakan bibit vaksin Merah Putih harus melalui uji praklinik serta uji klinik fase 1, 2, dan 3. Bibit vaksin Merah Putih dikembangkan oleh para ahli dan peneliti Indonesia untuk diproduksi di Indonesia. "Vaksin Merah Putih adalah vaksin yang dikembangkan dari isolat virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19 yang bersirkulasi di Indonesia," pungkasnya. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: