Tol Serpong-Cinere Cengkareng- Batuceper- Kunciran Dioperasikan Malam Ini

Tol Serpong-Cinere Cengkareng- Batuceper- Kunciran Dioperasikan Malam Ini

JAKARTA - Sehubungan dengan rencana pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran malam ini (2/4) pukul 22.00 WIB, akan dilakukan perubahan sistem transaksi pada jalan tol tersebut. Direktur Utama PT MTN Truly Nawangsasi menjelaskan, Jalan Tol Kunciran-Serpong yang telah lebih dulu beroperasi di 2019, semula menggunakan Sistem Transaksi Terbuka Proporsional dan akan berubah menjadi Sistem Transaksi Tertutup Terintegrasi.

BACA JUGA: Sudah Dilarang Bepergian, Jumlah Kendaraan Meninggalkan Jakarta Capai Ratusan Ribu

Perbedaan dari kedua sistem ini dapat terlihat pada cara pengguna jalan dalam melakukan transaksi (tapping). Pada sistem transaksi terbuka, pengguna jalan hanya melakukan tapping satu kali di gerbang tol masuk.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan harga Kebutuhan Pokok Biasanya Naik, Ini Yang Harus Dilakukan Pemerintah

Sedangkan untuk sistem tertutup, pengguna jalan akan melakukan dua kali tapping yaitu pada gerbang tol masuk dan gerbang tol keluar. Tapping pertama dilakukan untuk mendapatkan data asal gerbang masuk dan golongan kendaraan pengguna jalan yang akan terekam di dalam uang elektronik (saldo tidak terpotong).

BACA JUGA: Kopontren Amanah Nurul Qadim Semangat Kembangkan Usaha dengan Dana Bergulir LPDB-KUMKM

“Tapping kedua dilakukan di gerbang tol keluar, dengan melakukan tapping uang elektronik yang sama untuk membayar tarif sesuai dengan data gerbang tol masuk (saldo terpotong),” ujar Truly. Namun, khusus untuk Gerbang Tol (GT) Kunciran 3 dan GT Serpong 2 yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren, Truly melanjutkan, pengguna jalan akan melakukan transaksi tarif ruas terintegrasi sekaligus merekam data gerbang tol masuk. Lalu selanjutnya akan melakukan tapping kembali di gerbang tol keluar sesuai tujuan pengguna jalan. (khf/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: