Jokowi Minta Masukan Istana Negara Baru, Ini Makna Filosofis yang Terkandung

Jokowi Minta Masukan Istana Negara Baru, Ini Makna Filosofis yang Terkandung

JAKARTA – Pradesain Istana Negara yang akan dibangun di Ibukota Baru Kalimantan Timur ditampilkan lewat akun Instagram @jokowi. Presiden Joko Widodo juga secara resmi meminta masukan.

BACA JUG: Kopontren Amanah Nurul Qadim Semangat Kembangkan Usaha dengan Dana Bergulir LPDB-KUMKM

Dalam unggahan tersebut, video yang ditampilkan tersebut merupakan pradesain karya seniman Patung Nyoman Nuarta. Menurut Presiden, usulan Nyoman Nuarta sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA: Tol Serpong-Cinere Cengkareng- Batuceper- Kunciran Dioperasikan Malam Ini

Diketahui, pada tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru. "Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tetapi juga mencerminkan kemajuan bangsa," kata Jokowi, Jumat (2/4).

BACA JUGA: Kopontren Amanah Nurul Qadim Semangat Kembangkan Usaha dengan Dana Bergulir LPDB-KUMKM

Dengan masukan-masukan itu, Presiden akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengayaan pradesain menjadi basic design Istana Negara. (khf/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: