Good! Enam Klub Inggris Mundur dari ESL

Good! Enam Klub Inggris Mundur dari ESL

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari enam klub Inggris yang sebelumnya ikut gabung pada pembentukan European Super League (ESL). Mereka hampir secara bersamaan, memutuskan menarik diri dari ajang tandingan Liga Champion tersebut. Keenam klub itu diantaranya Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, Liverpool, dan Manchester United sepakat mundur dari ajang European Super League.

BACA JUGA: Resmi! Manchester City Keluar dari Liga Super Eropa

Alasan mundurnya kesebelasan-kesebelasan ternama Inggris tersebut, karena mempertimbangkan faktor protes suporter, penolakan pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya. "Liverpool mengonfirmasi keterlibatan dalam rencana yang diusulkan untuk membentuk European Super League telah dihentikan. Dalam beberapa hari terakhir, klub telah menerima perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan utama, baik secara internal maupun eksternal, dan kami ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka yang berharga," tulis pernyataan di situs resmi Liverpool dikutip, Rabu (21/4/2021).

BACA JUGA: Ini Alasan Menggiurkan di Balik Rencana 'Liga Super Eropa'

Sementara Man Utd menegaskan komitmen terhadap sepak bola, "Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain di seluruh komunitas sepak bola untuk menghasilkan solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi permainan," tulis Man United di laman resminya. Chelsea secara resmi juga menyatakan hengkang dari keanggotaan European Super League. Pernyataan mundur itu disampaikan The Blues, julukan Chelsea dalam rilis formal pada Rabu (21/4) pagi waktu Indonesia. "Seperti diberitakan sebelumnya pada malam ini, Chelsea mengonfirmasi sudah memulai prosedur resmi mundur dari kelompok yang menyusun rencana European Super League," demikian pernyataan Chelsea.

BACA JUGA: Kedapatan Ikut ESL, 12 Klub Raksasa Terancam Sanksi UEFA

Langkah serupa juga diikuti Manchester City yang resmi mengumumkan mundur dari rencana penyelenggaraan European Super League. "Klub sepak bola Manchester City mengonfirmasi telah secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana European Super League," demikian pernyataan singkat The Citizens.

BACA JUGA: AC Milan, Klub Italia Pertama yang Mundur dari Liga Super Eropa

Klub-klub pendiri European Super League sudah dikabarkan goyah sejak Selasa (20/4) malam waktu Eropa atau (21/4) dini hari waktu Indonesia. Pasalnya, langkah keenam klub tersebut mendirikan European Super League mendapat sambutan negatif dari banyak pihak. FIFA dan UEFA langsung bertindak tegas dan menyiapkan hukuman bagi klub-klub pendiri liga yang dianggap memisahkan diri dari keluarga sepak bola tersebut. Bahkan nasib Chelsea, Man City, dan Man Utd yang sedang berlaga di ajang kontinental, Liga Champions dan Liga Europa, sempat mendapat ancaman dari UEFA.

BACA JUGA: 12 Klub Terancam Dicoret dari Liga Domestik, ESL Tempuh Jalur Hukum 

Suporter dan pemain dari masing-masing klub juga menegaskan resistensi terhadap pilihan klub mengadakan liga tengah pekan yang hanya akan diikuti beberapa klub saja. Selain enam klub pendiri asal Inggris, European Super League juga memiliki klub pendiri dari Spanyol dan Italia yang kemungkinan juga bakal menyatakan pengunduran dalam waktu dekat. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: