Ekonomi

Benarkah Harga BBM Naik per 1 Juni 2024? Begini Kata Pertamina

fin.co.id - 31/05/2024, 11:29 WIB

Pengendara motor mengantre di jalur pengisian BBM subsidi Pertalite di salah satu SPBU di Jakarta.

FIN.CO.ID - Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Juni 2024 kini tengah menjadi perhatian publik. Apakah benar kenaikan BBM akan dilakukan pada esok hari?

Corporate secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya masih mengkaji harga BBM. Nantinya, kata dia, hasil kajian itu bakal dijadikan masukan untuk mengusulkan kenaikan harga BBM atau tidak alias bertahan diharga yang sekarang.

BACA JUGA:

"Belum ada keputusan (harga BBM naik atau ditahan)," kata Irto saat dihubungi FIN.CO.ID dari Disway Group, Jumat 31 Mei 2024.

Meski begitu, dia menegaskan, Pertamina masik akan melakukan pendistribusian BBM subsidi Pertalite pada bulan Juni. "Masih tersedia (Pertalite) sesuai penugasan dari pemerintah," tambah Irto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberikan sinyal kenaikan harga BBM untuk bulan Juni saat jumpa wartawan beberapa waktu lalu.

"Harga minyaknya sampai seberapa tinggi. Semuanya akan dikalkulasi, semua akan dihitung, semua akan dilakukan lewat pertimbangan-pertimbangan yang matang karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Jokowi di Jakarta, Senin 27 Mei 2024 malam.

Ia menjelaskan saat ini situasi geopolitik dunia, khususnya di timur tengah sedang memanas. Maka dari itu potensi memanasnya harga minyak masih besar.

"Perang yang jauh itu berpengaruh ke Indonesia, kalau harga minyak naik semua barang barang akan ikut naik," kata Jokowi.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

Mihardi
Penulis
-->