News

Pengamat Transportasi Dukung Polisi Tilang Seleb Tiktok Zoe Levana yang Viral Terobos Jalur Busway

fin.co.id - 2024-05-24 09:20:00 WIB

Shelter Bus TransJakarta yang terkoneksi stasiun LRT Jabodebek

FIN.CO.ID- Viral di media sosial seleb tiktok bernama Zoe Levana mengaku tak sengaja masuk jalur trans jakarta bersama sang ibunda di kawasan Pluit, Jakarta Utara pada Minggu 19 Mei 2024 lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan di kantor polisi pada Rabu 22 Mei 2024, Zoe mengaku janji tak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Melihat fenomena ini, Pengamat Transportasi dan Hukum AKBP (P) Budiyanto mengatakan jalur busway adalah jalur khusus yang dipergunakan untuk perjalanan bus transjakarta, siapapun dilarang kecuali ada aturan yang mengatur, seperti ambulans dan pemadam kebakaran karena dalam keadaan darurat.

BACA JUGA:

"Apabila ada mobil lain masuk pada lajur tersebut merupakan pelanggaran lalu lintas walaupun yang bersangkutan beralasan tidak sengaja atau tidak tahu," kata Budiyanto kepada Disway Jumat 24 Mei 2024.

Lebih lanjut kata Budiyanto, tindakan petugas kepolisian yang melakukan penilangan terhadap pengemudi mobil yang masuk di jalur busway secara hukum dibenarkan.

"Pengemudi mobil yang masuk di jalur Busway atau transjakarta dapat dikenakan pasal 287 ayat ( 1 ) Undang - Undang No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, melanggar aturan perintah dan larangan yang dinyatakan dengan rambu- rambu lalu lintas, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah)," tandas Budiyanto.

Diberitakan sebelumnya, Zoe viral usai mengunggah video dirinya terjebak di jalur Transjakarta di akun Tiktok pribadinya @zoe levana.

Dalam video itu, Zoe terlihat turun dari kendaraannya dan menunjukan kondisi mobilnya yang terjebak di tengah-tengah antrean bus Transjakarta.

BACA JUGA

"Kita enggak sengaja masuk ke jalur busway karena mamah salah setir (mobil). Kemudian, di depan ada bus enggak jalan dari tadi, di belakang juga ada bus, kita stuck, dan di sini ada ini (samping kiri ada pembatas jalan) jadi kita enggak bisa jalan guys," kata Zoe panik dalam video itu. 

Zoe juga memperlihatkan antrean bus di depan mobilnya terlihat penuh dan mengular panjang.

Sementara di belakang mobil Zoe, beberapa bus Transjakarta berbaris mengantre sehingga mobil selebgram itu tidak bisa keluar dari jalur.

"Solusinya gimana? Please komen di bawah, saya panik ini empat jam, katanya ini sampai jam empat," sambung Zoe.

Admin
Penulis