News

Hadiri K-Water Academy Innovative Night, Menteri Basuki: Jangan Pernah Berhenti Pelajari Teknologi Keairan

fin.co.id - 21/05/2024, 07:10 WIB

Hadiri K-Water Academy Innovative Night, Menteri Basuki: Jangan Pernah Berhenti Pelajari Teknologi Keairan

FIN.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri acara K-Water Academy Innovation Night di Nusa Dua, Bali, Senin 20 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu side event dari World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali. 

Kegiatan ini dihadiri para ekspert di bidang air untuk berdiskusi menghasilkan inovasi pengelolaan air bersih di antaranya CEO K-Water Yun Seog-dae, Managing Director General Asia Development Bank Woo Jong Um, Global Director for The Water Global Practice World Bank Group Saroj Kumar Jha dan para alumni K-Water Academy.

Pada kesempatan ini Menteri Basuki berpesan kepada seluruh alumni K-Water Academy dan hadirin untuk jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan kapasitas diri (building capacity).

Basuki Hadimuljono menghadiri acara K-Water Academy Innovation Night di Nusa Dua, Bali, Senin 20 Mei 2024.-Dok PUPR-

BACA JUGA:

Building capacity merupakan proses yang tidak pernah berakhir, saya juga masih perlu training. Untuk itu saya punya aturan untuk insan PUPR agar mendapatkan pelatihan dari K-Water Academy. Jangan pernah berhenti belajar terutama terkait teknologi keairan untuk masa depan,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan K-Water sudah memiliki teknologi terbaru untuk operasional dan maintenance bendungan.

“Misalnya operasional untuk digital twin dam dan artificial intelligent (AI) bisa digunakan untuk mengembangkan smart water network management,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan selain sebagai perusahaan bidang keairan yang bereputasi baik, K-Water juga telah membantu berbagai negara dalam menyelesaikan masalah keairan. Di samping itu, K-Water memiliki K-Water Academy untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sektor keairan.

BACA JUGA:

Sejak 1997 K-Water Academy telah aktif melakukan pelatihan dan pendidikan mengenai Smart Water Management, termasuk program manajemen pengoperasian bendungan bagi para ahli di Indonesia. 

“Terima kasih untuk kehadiran para alumni K-Water Academy malam ini. K-Water terus berkomitmen untuk mengembangkan manajemen air dengan teknologi yang akan berkontribusi pada solusi air global,” ucap CEO K-Water Yun Seog-dae.

Hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Admin
Penulis
-->