Sakit Saat Buang Air Kecil? Waspada Penyakit Berikut Ini

Sakit Saat Buang Air Kecil? Waspada Penyakit Berikut Ini

Sakit Saat Buang Air Kecil? Waspada Penyakit Berikut Ini--Google Photos

FIN.CO.ID - Saat merasakan sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil, seringkali menjadi alarm bagi tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab buang air kecil terasa sakit dan langkah-langkah pencegahannya.


Nyeri saat Buang Air Kecil, Ilustrasi , oleh Ryan McGuire dari Pixabay--

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK adalah salah satu penyebab umum ketidaknyamanan saat buang air kecil. Bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih dapat menyebabkan infeksi, yang seringkali disertai dengan gejala seperti rasa terbakar saat buang air kecil dan seringnya merasa ingin buang air kecil.

2. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penumpukan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Ketika batu ginjal bergerak melalui saluran kemih, dapat menyebabkan rasa sakit tajam saat buang air kecil.

BACA JUGA:

Pencegahan dengan menjaga asupan cairan dan pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

3. Prostatitis

Pada pria, prostatitis atau peradangan pada prostat dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Penyakit ini memerlukan penanganan medis yang tepat, seperti pemberian antibiotik atau terapi lainnya.

4. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa jenis IMS, seperti klamidia atau gonore, dapat menyebabkan gejala seperti rasa terbakar saat buang air kecil dan ketidaknyamanan pada area genital.

Pengobatan dini sangat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dan penyebaran infeksi.

BACA JUGA:

5. Diabetes

Pada beberapa kasus, ketidaknyamanan saat buang air kecil juga dapat menjadi gejala awal diabetes. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan seringnya buang air kecil dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Brigita

Tentang Penulis

Sumber: