NATO Bantah Kirim Pasukan ke Ukraina

NATO Bantah Kirim Pasukan ke Ukraina

NATO Bantah Kirim Pasukan ke Ukraina-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak berencana mengirim pasukan militer ke Ukraina.

“Presiden Prancis Emmanuel Macron menekankan pentingnya pengiriman bantuan berkelanjutan ke Ukraina. Dan NATO masih tertarik untuk mendukung Ukraina dengan segala kemungkinan cara," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Mircea Geoana, Minggu, 12 Mei 2024. 

Versi NATO, di mana keputusan diambil berdasarkan konsensus. Saat ini tidak ada rencana atau keinginan politik untuk menempatkan pasukan di wilayah Ukraina. Dukungan NATO, terkait dengan pencegahan eskalasi konflik antara Ukraina dan Rusia.

BACA JUGA:

Usai konferensi terkait isu Ukraina yang digelar di Paris pada 26 Februari, Macron menyebut pemimpin Barat telah membahas kemungkinan penempatan pasukan ke Ukraina tetapi tidak mencapai konsensus.

Sejumlah pemimpin Uni Eropa langsung menolak rencana tersebut. Sementara Macron sendiri berulang kali menegaskan bahwa opsi penempatan pasukan ke Ukraina harus tetap dirundingkan.

Beberapa waktu lalu, Macron menjelaskan pihaknya tidak mengesampingkan kemungkinan pengiriman pasukan ke Ukraina jika Kiev mengajukan permintaan.

Sementara itu, mantan asisten wakil menteri pertahanan AS, Stephen Bryan, pada awal Mei mengatakan Prancis telah mengirim tentara Legiun Asing ke Ukraina.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: