Suhu di Madinah-Mekkah 40-50 Derajat, Ini Tips Hindari Sengatan Panas saat Haji

Suhu di Madinah-Mekkah 40-50 Derajat, Ini Tips Hindari Sengatan Panas saat Haji

Tips Hindari Sengatan Panas saat Haji-fin/PPIH Arab Saudi-

FIN.CO.ID - Kemenag RI mengingatkan, jemaah calon haji Indonesia 2024 dapat terserang heatstroke (sengatan panas) akibat kepanasan di Arab Saudi. 

Saat ini, suhu panas di Madinah-Mekkah pada musim haji 2024 ini, diprediksi mencapai 40-50 derajat celcius.

Kemenag memberikan, beberapa tips untuk jemaah calon haji Indonesia agar tidak terserang heatstroke. 

Salah satu imbauan dari Kemenag itu, jemaah harus selalu membawa air mineral untuk menghindari dehidrasi berlebih.

BACA JUGA:

"Pertama sering minum air mineral (air putih), kemana-mana saya sarankan untuk membawa air putih. Bisa dibuat spray untuk mendinginkan kepala atau badan, bisa juga untuk minum para jamaah," kata Kepala Seksi Lansia, disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah dokter Leksmana Arry Chandra, Minggu 12 Mei 2024.

Menurutnya, semakin mendekati puncak haji cuaca akan lebih panas. Dengan demikian diperlukan upaya-upaya untuk mencegah sengatan panas tersebut.

"Langkah kedua yang dapat dilakukan oleh jamaah yakni memakai pakaian-pakaian yang longgar, tidak terlalu sempit dan berwarna cerah. Ini untuk menghindari terjadinya serangan panas," ucapnya.

Ketiga, Arry mengimbau, jemaah calon haji Indonesia harus menghindari area-area yang polusinya dinilai tinggi. Yakni, seperti area yang terdapat pembangunan.

"Karena terdapat debu halus yang dapat terhirup secara tidak disadari. Lalu polusi udara akibat arus lalu lintas yang padat saat musim haji," ujarnya.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: