Ini Sejarah Hari Perawat Internasional yang Jatuh 12 Mei 2024

Ini Sejarah Hari Perawat Internasional yang Jatuh 12 Mei 2024

Hari perawat nasional-Pixabay-

FIN.CO.ID - Tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional. Dilansir situs resmi Dewan Perawat Internasional (International Council of Nurses/ICN), tema Hari Perawat Internasional 2024 tahun ini adalah "Our Nurses. Our Future. The economic power of care". 

Diketahui, Dewan Perawat Internasional (ICN) telah merayakan hari ini sejak tahun 1965. Pada tahun 1953, Dorothy Sutherland, seorang pejabat di Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat, mengusulkan agar Presiden AS Dwight D. Eisenhower memproklamirkan "Hari Perawat", namun dia tidak menyetujuinya.

Pada Januari 1974, tanggal 12 Mei dipilih untuk merayakan Hari Perawat Internasional karena itu merupakan hari ulang tahun kelahiran Florence Nightingale, yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern.

BACA JUGA:

Setiap tahun, ICN mempersiapkan dan mendistribusikan kotak Hari Perawat Internasional. Kotak tersebut berisi bahan-bahan informasi pendidikan dan publik, untuk digunakan oleh perawat di mana-mana.

Pada tahun 1999, UNISON meminta ICN untuk mengubah tanggal hari peringatan ini ke tanggal lain dan mengatakan bahwa Nightingale tidak mewakili keperawatan modern.

Pada tahun 1998, 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Keperawatan Mahasiswa Nasional. Pada 2003, hari Rabu antara tanggal 6 hingga 12 Mei dirayakan sebagai Hari Perawat Sekolah Nasional.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: