Bandara VVIP IKN Siap Digunakan Jokowi pada Agustus 2024

Bandara VVIP IKN Siap Digunakan Jokowi pada Agustus 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono--

FIN.CO.ID - Pembangunan bandara VVIP terus dikebut jelang pelaksanaan Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Untuk tahap pertama, landasan pacu sepanjang 2.200 meter harus sudah siap digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pendaratan pesawat Kepresidenan. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disela-sela tinjuannya ke IKN Nusantara, Senin, 6 Mei 2024. 

"Landasan pacu Bandara VVIP progresnya 20-22 persen, total 3.000 meter, tapu Agustus (baru sepanjang)  2.300 meter (landasan pacu) bisa dipake didarati pesawat," ungkap Basuki. 

Bandara VVIP tersebut nantinya tidak akan digunakan untuk keperluan komersial dalam waktu dekat. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan digunakan juga sebagai bandara komersial. 

"Commissioning (ujicoba) Juli 2024 dengan otorita kebandaraan, fisik dan instrumentasinya. Khusus VVIP, nanti ke depannya komersial flight," jelasnya. 

Kereta Otonomus Belum Final Disain

Meski bandara VVIP dipastikan sudah bisa digunakan pada Agustus 2024, namun kereta otonomus (Kereta tanpa rel) yang nantinya akan dioperasikan di IKN Nusantara, disebut belum akan siap digunakan pada saat Uoacara HUT RI di IKN tahun ini. 

Basuki mengatakan bahwa pihaknya belum menyiapkan prasarananya.

"Kereta otonom waktu itu (usulan) pak Menhub, tapi kami belum siapkan prasarananya belum," kata Basuki 

Basuki menjelaskan, bahwa pihaknya belum menyiapkan prasarana buat Autonomus Rail Transit (ART) tersebut,  sebab pihaknya belum menerima final design dari kereta tersebut di IKN. 

Namun, Basuki memastikam bahwa ide terhadap moda transportasi itu ada. Ia menyabut ART akan diterapkan pada waktunya nanti.

Belum ada final designnya dari Menhub tentang kereta tanpa rel itu," jelas Basuki.

"Masih ide, akan saya terapkan nanti," sambungnya lagi. (Sigit Nugroho)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: